Senin, 24 Maret 2014

Pemasaran Online

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Semua organisasi, baik berorientasi profit maupun not-for-profit, harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan konsumen bila ingin tetap dapat beroperasi dan sukses. Disamping itu, organisasi harus memiliki kemampuan pula untuk menyampaikan informasi kepada konsumen bahwa mereka telah menghasilkan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Di sinilah fungsi pemasaran (marketing) menonjol. Ia menjadi penghubung antara organisasi dan konsumen. Lebih jauh lagi, fungsiini dapat diberdayakan untuk mendukung suatu gagasan dan mendidik konsumen (Boone&Kurzt, 234).
The American Marketing Association mendefinisikan Marketing (management)
sebagai “the process of planning and executing the conception, pricing, promotion,
and distribution of ideas, goods, and services to create exchanges that satisfy
individual and organizational objectives. Proses perencanaan dan pelaksanaan
konsepsi, penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang dan jasa
untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi. Pertukaran dalam konteks ini dimaksudkan sebagai sebuah proses dimana dua atau lebih pihak saling mempertukarkan sesuatu yang memiliki nilai sehingga pada akhirnya mereka merasa lebih baik setelah melakukan proses ini.
         Philip Kotler sendiri mendefiniskan marketing management sebagai “the art and science of choosing target markets and getting, keeping, and growing customers through creating, delivering, and communicating superior customer values”. Seni dan ilmu di dalam pasar sasaran dan mendapatkan, memelihara dan mengembangkan para pelanggan melalui proses penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai
pelanggan yang lebih baik. Di era sekarang ini kita mengenal cara pemasaran yaitu pemasaran langsung, pemasaran online dan global. Melalui bahasan ini diharapkan kita bisa mengetahui pengertian dari masing-masing cara pemasaran.

           


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pemasaran Langsung
            Pemasaran Langsung (direct marketing) adalah penggunaan saluran-saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Pemasaran langsung adalah satu jalur pertumbuhan tercepat untuk melayani pelanggan.
            Dewasa ini banyak pemasar langsung menggunakan pemasaran langsung untuk membina hubungan jangka panjang (customer relationship marketing). Mereka mengirim kartu ulang tahun, bahan-bahan informasi, atau bingkisan kecil bagi pelanggan tertentu. Perusahhan penerbangan, hotel, dan usaha-usaha lain membina hubungan pelanggan yang kokoh melalui program imbalan karena penggunaan sering (frequenci award programm) dan program klub.

Ø  Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
1.      Pemasaran Tatap Muka
2.      Pemasaran Jarak Jauh
3.      Pemasaran melalui surat langsung (faks, e-mail, voice mail)
4.      Pemasaran melalui katalog (merupakan pemasaran langsung melalui katalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan; disediakan took/ dipresentasikan secara online.
5.      Pemasaran dari televisi yang memperoleh tanggapan langsung (direct response television marketing).
·         Pemasangan iklan tanggapan langsung (direct response advertising)
·         Saluran belanja dari rumah (home shopping channel)

Ø  Manfaat Pemasaran Langsung
a.       Manfaat bagi pembeli :
-          Nyaman
-          Akses dan pilihan produknya lebih besar
-          Memberi akses dan informasi
-          Interaktif dan segera
-          Dapat melakukan perbandingan dengan melihat-lihat catalog surat dan layanan belanja online.
b.      Manfaat bagi penjual :
-          Merupakan alat yang ampuh untuk melakukan hubungan dengan konsumen
-          Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau pelanggan tepat pada waktunya
-          Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi
-          Fleksibel
-          Medium global
-          Pemasar langsung dapat membeli daftar alamat surat yang memuat nama-nama hampir semua kelompok (orang kidal, orang yang kegemukan, serta jutawan)
-          Dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan.

Ø  Masalah Umum dan Masalah Etika Dalam Pemasaran Langsung
            Dalam pemasaran langsung biasanya pemasaran langsung dan pelanggannya menikmati hubungan yang saling menguntungkan. Namun kadang-kadang terjadi beberapa masalah (sisi gelap), seperti :
1.GANGGUAN
 Banyak orang tidak senang dengan peningkatan jumlah permintaan pemasaran langsung yang agresif. Yang paling mengganggu adalah telepon pada saat waktu yang tidak tepat. Contohnya seperti pada saat makan malam, atau dengan telepon yang terkomputerisasi yang ditempatkan pada pesawat rekaman pesan otomatis.
2. KETIDAKADILAN
Beberapa pemasaran langsung memanfaatkan pembeli yang ceroboh atau kurang canggih. Acara-acarabelanja di tv dan infomersial mungkin merupakan biang keladi yang paling jahat dengan pembawa acara yang lancar berbicara dan klaim potongan harga yang drastis. 



3. PENIPUAN DAN KECURANGAN
 Beberapa pemasar langsung merancang surat dan menulis naskah yang dimaksudkan untuk menyesatkan pembeli. Mereka mungkin melebih-lebihkan ukuran produk, pengakuan kinerja, atau harga ecerannya.
4. PELANGGARAN KERAHASIAAN PRIBADI
 Tampaknya setiap kali konsumen memesan produk melalui surat atau telepon, mengikuti undian, melakukan permohonan kartu kredit, mungkin nama, alamat dan prilaku pembelian mereka dimasukan kedalam beberapa basis data perusahaan.

Ø  Contoh Pemasaran Langsung
            Contoh studi kasus pemasaran langsung di perusahaan LANDS’ END. Sebagai pedagang langsung pakaian kelas atas, bergaya tradisional untuk keluarga, barang-barang lunak, dan produk-produk untuk rumah tangga, Lands’ End menjualtawarannya melalui katalog, pada internet, dan di toko-toko, setelah dibeli oleh Sears seharga $186 milyar pada tahun 2002. Katalog itu muncul empat kali setahun mulai tahun 1964 dan mencakup pencantuman produk secara rinci.
            Land’s End adalah pengguna awal internet yang meluncurkan situs webnya pada tahun 1995. SitusAS menawarkan setiap produk Lands’ End dan merupakan situs web pakaian terbesar di dunia dalam volume penjualan. Unggul dalam mengembangkan cara-cara Lands’ End dan merupakan situs web pakaian terbesar di dunia dalam volume penjualan. Unggul dalam mengembangkan cara-cara baru untuk meningkatkan pengalaman belanja, pelanggan dapat menciptakan sendiri Model Virtual 3 dimensi dengan memberikan ukuran penting atau melalui “konsultan pakaian pribadi” dengan menjawab pertanyaan tentang pilihan pakaian mereka.
            E-mail mingguan dengan cerita-cerita yang lucu serta diskon, juga ikut mendorong penjualan. Sebuah cerita tentang bagaimana seorang pelanggan mengenakan kemeja berjaring Lands End pada sebuah cagar alamuntuk bayi simpanse di Republik Ghana mengakibatkan peningkatan 40 persen dalam penjualan kinerja pekan itu.


2.2  Pemasaran Online
Pemasaran secara online dilakukan melalui system computer online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik.
Perdagangan elektronik ( E-Commerce )  adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
Ø  Jenis Saluran Pemasaran Online
                                                        i.            Layanan Online Komersial, , Internet layanan yang menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan, seperti America online, Compuserve dan Prodigy.
                                                      ii.            Internet, Web global jaringan komputer yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.

Ø  Cara melakukan pemasaran online
1.      Menciptakan kehadiran online elektronik
a. Membeli ruang dilayanan online komersial :
- Penyewaan ruang penyimpanan dikomputer milik penyedia
jasa online
- Penciptaan link computer milik sendiri ke pusat belanja
layanan online
b. Membuka situs internet sendiri
- Situs internet perusahaan (corporate web site)
- Situs internet pemasaran (marketing web site)
2.      Menempatkan Iklan Online
Iklan online dalah iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online atau situs internet, yang meliputi papan iklan, jendela timbul tenggelam (pop-up windows) dan roadblock. 
3.      Menggunakan E-mail dan webcasting
E-mail dipergunakan untuk mendorong calon pelanggan dan pelanggan untuk mengirimkan pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentangperusahaan. Dengan cepat perwakilan layanan pelangganakan menaggapi berbagai pesan itu. Webcasting adalah pendownloadan secara otomatis informasi yang diminati yang sudah dikustomisasi ke PC si penerima, yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain.

4.      Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan masyarakat internet
a. Kelompok berita
b. Sistem papan bulletin
c. Masyarakat internet

Ø  Manfaat Pemasaran Online
Pemasaran online memiliki berbagai macam keuntungan dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional (offline). Berikut ini beberapa keuntungan dari pemasaran online antaran lain:
1.     Jangkauan pasar lebih luas
Dengan menggunakan media internet, pasar yang dapat dijangkau menjadi lebih luas. Dengan menggunakan internet sebagai media promosi, praktis kita dapat mengjangkau seluruh dunia.
2.     Biaya yang lebih murah
Pemasaran online memerlukan biaya yang lebih sedikit karena pemasaran dilakukan dalam media digital.
3.                   Berpromosi 24 jam sehari 7 hari seminggu
Media internet memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan produk dan jasa kita kapan pun pelanggan membutuhkannya.

Ø  Contoh Pemasaran Online
Iklan PPC adalah singkatan dari Pay Per Click. PPC marketing adalah kegiatan pemasaran online melalui iklan online yang ditayangkan dalam situs web atau blog. Dalam kegiatan pemasaran ini, pemasang iklan berkewajiban membayar pemilik situs web atau blog yang jumlah pembayarannya dihitung berdasarkan klik yang dilakukan pada iklan tersebut. Situs PPC yang terkenal, antara lain Google Adsene, Yahoo! Publisher, Bidvertiser, AdSenseCamp, Chitika, Kliksaya, Clicksor, dan Kumpulblogger.
Cara untuk melakukan pemasaran melalui PPC marketing cukup sederhana. Pemilik produk yang ingin beriklan tinggal bergabung dengan situs PPC, lalu melakukan pendaftaran. Kemudian, ikuti petunjuk yang diberikan pemilik situs PPC. Tunggu lebih kurang satu jam dan pengunjung (traffic) pun akan datang.





























2.3  Pemasaran Global
Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. Bagi para pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi cambuk yang melecut semangat untuk memecahkannya sehingga usaha dapat semakin berkembang dan maju. Karakter semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet pengelola perusahaan di Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang hasilnya memang super.
Ø  Segmentasi Pasar Global
Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yangg mungkin menghendaki bauran produk atau pemasar yang terpisah.
 1.Pemasaran Massal (Mass Marketing): penjual memproduksi, mendistribusi- kan, dan mempromosikan secara massal sebuah produk kepada seluruh pembeli.Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial terbesar, biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi.
 2. Pemasaran Segmen : Peursahaan menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu atau beberapa segmen.
3.Pemasaran Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen
 4.Pemasaran Mikro : Praktik penyesuaian produk dan program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.

Ø  Konsep Pemasaran Global

1.Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
2.Produk
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya Oleh karena itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan produk tersebut.
3. Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi. Nilai setiap produk sebenarnya tergantung dari seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk ideal, dalam ini termasuk harga.

4. Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi, maka hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis clan sosial yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajar secara kesinambungan.
5Pasar
Pasar  terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.

6. Pemasaran dan Pemasar

. Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah orang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.

Ø  Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global

Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
·         Hal yang mendorong di antaranya adalah :
- kebutuhan dan keinginan pasar - teknologi - perbaikan transportasi - biaya - kualitas - perdamaian global - pertumbuhan ekonomi dunia - mengenali peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global
·         Hal yang menghambat :

- perbedaan pasar - kecadokan manajemen - budaya organisasi - kendali nasional

Ø  Manfaat Pasar Global

·         Ada 2 manfaat yaitu :
1.     mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi, dan
2.     untuk bertahan hidup












BAB III
PENUTUP


3.1  Kesimpulan

v   Pemasaran Langsung (direct marketing) adalah penggunaan saluran-saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Pemasaran langsung adalah satu jalur pertumbuhan tercepat untuk melayani pelanggan.

v   Pemasaran secara online dilakukan melalui system computer online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik.
Perdagangan elektronik ( E-Commerce )  adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.

v    Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll