BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Semua
organisasi, baik berorientasi profit maupun not-for-profit, harus bekerja keras
untuk memenuhi kebutuhan konsumen bila ingin tetap dapat beroperasi dan sukses.
Disamping itu, organisasi harus memiliki kemampuan pula untuk menyampaikan informasi
kepada konsumen bahwa mereka telah menghasilkan sesuatu yang dapat memenuhi
kebutuhan mereka. Di sinilah fungsi pemasaran (marketing) menonjol. Ia menjadi penghubung
antara organisasi dan konsumen. Lebih jauh lagi, fungsiini dapat diberdayakan
untuk mendukung suatu gagasan dan mendidik konsumen (Boone&Kurzt, 234).
The
American Marketing Association mendefinisikan Marketing (management)
sebagai
“the process of planning and executing the conception, pricing, promotion,
and distribution of ideas, goods, and
services to create exchanges that satisfy
individual and organizational objectives.
Proses perencanaan dan pelaksanaan
konsepsi, penetapan harga, promosi, dan
pendistribusian gagasan, barang dan jasa
untuk
menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi. Pertukaran
dalam konteks ini dimaksudkan sebagai sebuah proses dimana dua atau lebih pihak
saling mempertukarkan sesuatu yang memiliki nilai sehingga pada akhirnya mereka
merasa lebih baik setelah melakukan proses ini.
Philip Kotler sendiri mendefiniskan
marketing management sebagai “the art and science of choosing target
markets and getting, keeping, and growing customers through creating, delivering,
and communicating superior customer values”. Seni dan ilmu di dalam pasar
sasaran dan mendapatkan, memelihara dan mengembangkan para pelanggan melalui
proses penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai
pelanggan
yang lebih baik. Di era sekarang ini kita mengenal cara pemasaran yaitu
pemasaran langsung, pemasaran online dan global. Melalui bahasan ini diharapkan
kita bisa mengetahui pengertian dari masing-masing cara pemasaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pemasaran
Langsung
Pemasaran
Langsung (direct marketing) adalah penggunaan
saluran-saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan
jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Pemasaran langsung
adalah satu jalur pertumbuhan tercepat untuk melayani pelanggan.
Dewasa
ini banyak pemasar langsung menggunakan pemasaran langsung untuk membina
hubungan jangka panjang (customer relationship marketing). Mereka mengirim
kartu ulang tahun, bahan-bahan informasi, atau bingkisan kecil bagi pelanggan
tertentu. Perusahhan penerbangan, hotel, dan usaha-usaha lain membina hubungan
pelanggan yang kokoh melalui program imbalan karena penggunaan sering
(frequenci award programm) dan program klub.
Ø Bentuk-bentuk
Pemasaran Langsung
1. Pemasaran
Tatap Muka
2. Pemasaran
Jarak Jauh
3. Pemasaran
melalui surat langsung (faks, e-mail, voice mail)
4. Pemasaran
melalui katalog (merupakan pemasaran langsung melalui katalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelanggan
pilihan; disediakan took/ dipresentasikan secara online.
5. Pemasaran dari televisi yang memperoleh tanggapan langsung (direct response
television marketing).
·
Pemasangan iklan
tanggapan langsung (direct response advertising)
·
Saluran belanja dari
rumah (home shopping channel)
Ø Manfaat
Pemasaran Langsung
a. Manfaat
bagi pembeli :
-
Nyaman
-
Akses dan pilihan
produknya lebih besar
-
Memberi akses dan
informasi
-
Interaktif dan segera
-
Dapat melakukan perbandingan dengan
melihat-lihat catalog surat dan layanan belanja online.
b. Manfaat
bagi penjual :
-
Merupakan alat yang
ampuh untuk melakukan hubungan dengan konsumen
-
Dapat ditentukan
waktunya agar menjangkau pelanggan tepat pada waktunya
-
Menekan biaya dan
meningkatkan kecepatan dan efisiensi
-
Fleksibel
-
Medium global
-
Pemasar langsung dapat membeli
daftar alamat surat yang memuat nama-nama hampir semua kelompok (orang kidal,
orang yang kegemukan, serta jutawan)
-
Dapat menggunakan sejumlah saluran
untuk menjangkau calon pelanggan.
Ø Masalah Umum
dan Masalah Etika Dalam Pemasaran Langsung
Dalam
pemasaran langsung biasanya pemasaran langsung dan pelanggannya menikmati
hubungan yang saling menguntungkan. Namun kadang-kadang terjadi beberapa
masalah (sisi gelap), seperti :
1.GANGGUAN
1.GANGGUAN
Banyak orang
tidak senang dengan peningkatan jumlah permintaan pemasaran langsung yang
agresif. Yang paling mengganggu adalah telepon pada saat waktu yang tidak
tepat. Contohnya seperti pada saat makan malam, atau dengan telepon yang
terkomputerisasi yang ditempatkan pada pesawat rekaman pesan otomatis.
2. KETIDAKADILAN
2. KETIDAKADILAN
Beberapa pemasaran langsung memanfaatkan pembeli yang
ceroboh atau kurang canggih. Acara-acarabelanja di tv dan infomersial mungkin
merupakan biang keladi yang paling jahat dengan pembawa acara yang lancar
berbicara dan klaim potongan harga yang drastis.
3. PENIPUAN DAN KECURANGAN
Beberapa pemasar
langsung merancang surat dan menulis naskah yang dimaksudkan untuk menyesatkan
pembeli. Mereka mungkin melebih-lebihkan ukuran produk, pengakuan kinerja, atau
harga ecerannya.
4. PELANGGARAN KERAHASIAAN PRIBADI
4. PELANGGARAN KERAHASIAAN PRIBADI
Tampaknya
setiap kali konsumen memesan produk melalui surat atau telepon, mengikuti
undian, melakukan permohonan kartu kredit, mungkin nama, alamat dan prilaku
pembelian mereka dimasukan kedalam beberapa basis data perusahaan.
Ø Contoh
Pemasaran Langsung
Contoh studi kasus pemasaran langsung di perusahaan
LANDS’ END. Sebagai pedagang langsung pakaian kelas atas, bergaya tradisional
untuk keluarga, barang-barang lunak, dan produk-produk untuk rumah tangga,
Lands’ End menjualtawarannya melalui katalog, pada internet, dan di toko-toko,
setelah dibeli oleh Sears seharga $186 milyar pada tahun 2002. Katalog itu
muncul empat kali setahun mulai tahun 1964 dan mencakup pencantuman produk
secara rinci.
Land’s End adalah pengguna awal internet yang meluncurkan
situs webnya pada tahun 1995. SitusAS menawarkan setiap produk Lands’ End dan
merupakan situs web pakaian terbesar di dunia dalam volume penjualan. Unggul
dalam mengembangkan cara-cara Lands’ End dan merupakan situs web pakaian
terbesar di dunia dalam volume penjualan. Unggul dalam mengembangkan cara-cara
baru untuk meningkatkan pengalaman belanja, pelanggan dapat menciptakan sendiri
Model Virtual 3 dimensi dengan memberikan ukuran penting atau melalui
“konsultan pakaian pribadi” dengan menjawab pertanyaan tentang pilihan pakaian
mereka.
E-mail mingguan dengan cerita-cerita yang lucu serta
diskon, juga ikut mendorong penjualan. Sebuah cerita tentang bagaimana seorang
pelanggan mengenakan kemeja berjaring Lands End pada sebuah cagar alamuntuk
bayi simpanse di Republik Ghana mengakibatkan peningkatan 40 persen dalam
penjualan kinerja pekan itu.
2.2 Pemasaran
Online
Pemasaran secara online dilakukan melalui system
computer online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara
elektronik.
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
Ø
Jenis Saluran Pemasaran Online
i.
Layanan Online Komersial, , Internet layanan yang menawarkan
informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan,
seperti America online, Compuserve dan Prodigy.
ii.
Internet, Web
global jaringan komputer yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai
manajemen dan kepemilikan sentral.
Ø Cara
melakukan pemasaran online
1.
Menciptakan kehadiran online
elektronik
a. Membeli ruang dilayanan online komersial :
- Penyewaan ruang penyimpanan dikomputer milik penyedia
jasa online
- Penciptaan link computer milik sendiri ke pusat belanja
layanan online
b. Membuka situs internet sendiri
- Situs internet perusahaan (corporate web site)
- Situs internet pemasaran (marketing web site)
a. Membeli ruang dilayanan online komersial :
- Penyewaan ruang penyimpanan dikomputer milik penyedia
jasa online
- Penciptaan link computer milik sendiri ke pusat belanja
layanan online
b. Membuka situs internet sendiri
- Situs internet perusahaan (corporate web site)
- Situs internet pemasaran (marketing web site)
2.
Menempatkan Iklan Online
Iklan online dalah iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online atau situs internet, yang meliputi papan iklan, jendela timbul tenggelam (pop-up windows) dan roadblock.
Iklan online dalah iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online atau situs internet, yang meliputi papan iklan, jendela timbul tenggelam (pop-up windows) dan roadblock.
3.
Menggunakan E-mail dan webcasting
E-mail dipergunakan untuk mendorong calon pelanggan dan pelanggan untuk mengirimkan pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentangperusahaan. Dengan cepat perwakilan layanan pelangganakan menaggapi berbagai pesan itu. Webcasting adalah pendownloadan secara otomatis informasi yang diminati yang sudah dikustomisasi ke PC si penerima, yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain.
E-mail dipergunakan untuk mendorong calon pelanggan dan pelanggan untuk mengirimkan pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentangperusahaan. Dengan cepat perwakilan layanan pelangganakan menaggapi berbagai pesan itu. Webcasting adalah pendownloadan secara otomatis informasi yang diminati yang sudah dikustomisasi ke PC si penerima, yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain.
4.
Berpartisipasi dalam forum, kelompok
berita dan masyarakat internet
a. Kelompok berita
b. Sistem papan bulletin
c. Masyarakat internet
a. Kelompok berita
b. Sistem papan bulletin
c. Masyarakat internet
Ø Manfaat
Pemasaran Online
Pemasaran online memiliki berbagai macam keuntungan dibandingkan dengan
pemasaran secara konvensional (offline). Berikut ini beberapa keuntungan dari
pemasaran online antaran lain:
1.
Jangkauan
pasar lebih luas
Dengan menggunakan media internet, pasar yang dapat dijangkau menjadi lebih luas. Dengan menggunakan internet sebagai media promosi, praktis kita dapat mengjangkau seluruh dunia.
Dengan menggunakan media internet, pasar yang dapat dijangkau menjadi lebih luas. Dengan menggunakan internet sebagai media promosi, praktis kita dapat mengjangkau seluruh dunia.
2.
Biaya
yang lebih murah
Pemasaran online memerlukan biaya yang lebih sedikit karena pemasaran dilakukan dalam media digital.
Pemasaran online memerlukan biaya yang lebih sedikit karena pemasaran dilakukan dalam media digital.
3.
Berpromosi
24 jam sehari 7 hari seminggu
Media internet memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan produk dan jasa kita kapan pun pelanggan membutuhkannya.
Media internet memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan produk dan jasa kita kapan pun pelanggan membutuhkannya.
Ø
Contoh Pemasaran Online
Iklan PPC
adalah singkatan dari Pay Per Click. PPC marketing adalah kegiatan pemasaran
online melalui iklan online yang ditayangkan dalam situs web atau blog. Dalam
kegiatan pemasaran ini, pemasang iklan berkewajiban membayar pemilik situs web
atau blog yang jumlah pembayarannya dihitung berdasarkan klik yang dilakukan
pada iklan tersebut. Situs PPC yang terkenal, antara lain Google Adsene, Yahoo!
Publisher, Bidvertiser, AdSenseCamp, Chitika, Kliksaya, Clicksor, dan
Kumpulblogger.
Cara
untuk melakukan pemasaran melalui PPC marketing cukup sederhana. Pemilik produk
yang ingin beriklan tinggal bergabung dengan situs PPC, lalu melakukan
pendaftaran. Kemudian, ikuti petunjuk yang diberikan pemilik situs PPC. Tunggu
lebih kurang satu jam dan pengunjung (traffic) pun akan datang.
2.3 Pemasaran
Global
Pemasaran global
adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua
pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan
mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak
mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan
yang datang semakin berat. Bagi para pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi
cambuk yang melecut semangat untuk memecahkannya sehingga usaha dapat semakin
berkembang dan maju. Karakter semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet
pengelola perusahaan di Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan
yang dikelola yang hasilnya memang super.
Ø Segmentasi Pasar Global
Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam
kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yangg mungkin menghendaki bauran produk
atau pemasar yang terpisah.
1.Pemasaran Massal (Mass Marketing): penjual
memproduksi, mendistribusi- kan, dan mempromosikan secara massal sebuah produk
kepada seluruh pembeli.Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial terbesar,
biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi.
2. Pemasaran Segmen : Peursahaan menyadari
bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar dan
mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu atau
beberapa segmen.
3.Pemasaran
Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah
suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi
dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen
4.Pemasaran Mikro : Praktik penyesuaian produk
dan program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Ø
Konsep Pemasaran Global
1.Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan
manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar.
Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan
terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas
tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan
institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang
didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya. Keinginan menjadi
permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa
pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya Pemasar
mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok,
menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
2.Produk
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada
kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya Oleh karena itu dalam
membuat produk harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan produk
tersebut.
3. Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk
untuk memenuhi kebutuhannya Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk
memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang
akan memberi kepuasan total paling tinggi. Nilai setiap produk sebenarnya
tergantung dari seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk ideal,
dalam ini termasuk harga.
4. Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia
tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan
untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran
adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang
dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan proses dan
bukan kejadian sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu
pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Jika
persetujuan tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan pertukaran
nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi, maka hubungan yang
baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok
akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis clan sosial yang kuat dengan
mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali, tetapi
sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan serta
menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajar secara kesinambungan.
5Pasar
Pasar terdiri dari semua
pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau
dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu.
Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan
transaksi pada suatu produk.
6. Pemasaran dan Pemasar
. Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah keinginan manusia dalam
hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk
mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan
keinginan manusia. Pemasaran adalah orang yang mencari sumber daya dari orang
lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih
aktif mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar
dan pihak kedua adalah calon pembeli.
Ø
Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global
Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa
kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
·
Hal
yang mendorong di antaranya adalah :
- kebutuhan dan keinginan pasar - teknologi - perbaikan transportasi -
biaya - kualitas - perdamaian global - pertumbuhan ekonomi dunia - mengenali
peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global
·
Hal
yang menghambat :
-
perbedaan pasar - kecadokan manajemen - budaya organisasi - kendali nasional
Ø Manfaat Pasar Global
·
Ada 2 manfaat yaitu :
1. mengambil
manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi, dan
2. untuk
bertahan hidup
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
v Pemasaran
Langsung (direct marketing) adalah
penggunaan saluran-saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan menyerahkan
barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran.
Pemasaran langsung adalah satu jalur pertumbuhan tercepat untuk melayani
pelanggan.
v
Pemasaran secara online dilakukan
melalui system computer online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan
penjual secara elektronik.
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
v
Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas
dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di
pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan
pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap
perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar