Sebuah saluran distribusi adalah sistem
organisasi yang terlibat dalam proses pembuatan suatu produk atau layanan yang
tersedia untuk comsumption atau digunakan? Dengan kata lain, saluran pemasaran
memfasilitasi pertukaran barang dan jasa antara pembeli dan penjual . Internet
, karena setiap saluran pemasaran lainnya , telah muncul sebagai cara untuk
lebih melayani kebutuhan satu atau lebih segmen pelanggan.
Ini adalah untuk mengatakan bahwa semua
perusahaan telah terpengaruh oleh munculnya saluran distribusi baru ini , tidak
peduli industri atau keadaan kompetitif . Perusahaan direct marketing UKM
secara alami berevolusi dari menggunakan perintah mail atau penjualan telepon
untuk menggunakan internet . Komputer Dell awalnya difokuskan pada penjualan
komputer pribadi disesuaikan untuk pelanggan bisnis melalui mail order , dan
sekarang mendominasi marketspace internet untuk komputer pribadi . Saat ini ,
lebih dari sepertiga dari bisnis Dell dilakukan melalui internet . Demikian
pula , tanah 's End adalah atraditional pemasar langsung yang bergabung dengan
revolusi internet pada tahun 1995 . Sekarang menjual pakaian online lebih dari
perusahaan lain , menghasilkan diperkirakan 10 persen dari total bisnis pada
web ($ 138 juta pada tahun fiskal 2000).
Internet juga telah mempengaruhi
perusahaan-perusahaan tradisional yang hanya enggan mengembangkan kehadiran
online . Strategi pengecer offline seperti Sears dan Wal - mart telah defensif
. Investasi besar dalam model bisnis tradisional dan sukses offline mereka
telah membuat mereka enggan untuk merangkul internet . bisnis tradisional
lainnya , produsen khususnya seperti Levi Strauss & Co , Rubbermaid Home
Products dan IMB , telah menemukan transisi ke internet yang sulit , terutama
karena konflik saluran .
Pemasaran secara online
dilakukan melalui system computer online interaktif yang menghubungkan
pelanggan dengan penjual secara elektronik. Perdagangan
elektronik ( E-Commerce ) adalah
istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana
elektronik.
Ø Jenis
Saluran Pemasaran Online
i.
Layanan Online
Komersial, , Internet layanan yang menawarkan informasi dan layanan
pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan, seperti America
online, Compuserve dan Prodigy.
ii.
Internet, Web global jaringan komputer yang luas dan
berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.
Ø Cara melakukan pemasaran online
1.
Menciptakan kehadiran online elektronik
a)
Membeli ruang dilayanan online komersial
ü Penyewaan ruang
penyimpanan dikomputer milik penyedia
jasa online
jasa online
ü Penciptaan link
computer milik sendiri ke pusat belanja layanan online
b)
Membuka situs internet sendiri
ü Situs internet perusahaan
(corporate web site)
ü Situs internet
pemasaran (marketing web site)
2.
Menempatkan Iklan Online
Iklan
online dalah iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online
atau situs internet, yang meliputi papan iklan, jendela timbul tenggelam (pop-up
windows) dan roadblock.
3.
Menggunakan E-mail dan webcasting
E-mail
dipergunakan untuk mendorong calon pelanggan dan pelanggan untuk mengirimkan
pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentangperusahaan. Dengan cepat
perwakilan layanan pelangganakan menaggapi berbagai pesan itu. Webcasting
adalah pendownloadan secara otomatis informasi yang diminati yang sudah
dikustomisasi ke PC si penerima, yang membuat saluran yang menarik mampu
mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain.
4.
Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan
masyarakat internet
a. Kelompok berita
a. Kelompok berita
b.
Sistem papan bulletin
c.
Masyarakat internet
Ø Manfaat Pemasaran Online
Pemasaran online
memiliki berbagai macam keuntungan dibandingkan dengan pemasaran secara
konvensional (offline). Berikut ini beberapa keuntungan dari pemasaran online
antaran lain:
1.
jangkauan
pasar lebih luas
Dengan menggunakan
media internet, pasar yang dapat dijangkau menjadi lebih luas. Dengan
menggunakan internet sebagai media promosi, praktis kita dapat mengjangkau
seluruh dunia.
2.
Biaya yang lebih murah
Pemasaran online memerlukan
biaya yang lebih sedikit karena pemasaran dilakukan dalam media digital.
3.
Berpromosi 24 jam sehari 7
hari seminggu
Media internet
memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan produk
dan jasa kita kapan pun pelanggan membutuhkannya.
Ø Contoh Pemasaran Online
Iklan PPC adalah singkatan dari
Pay Per Click. PPC marketing adalah kegiatan pemasaran online melalui iklan
online yang ditayangkan dalam situs web atau blog. Dalam kegiatan pemasaran
ini, pemasang iklan berkewajiban membayar pemilik situs web atau blog yang
jumlah pembayarannya dihitung berdasarkan klik yang dilakukan pada iklan
tersebut. Situs PPC yang terkenal, antara lain Google Adsene, Yahoo! Publisher,
Bidvertiser, AdSenseCamp, Chitika, Kliksaya, Clicksor, dan Kumpulblogger.
Cara untuk melakukan pemasaran
melalui PPC marketing cukup sederhana. Pemilik produk yang ingin beriklan
tinggal bergabung dengan situs PPC, lalu melakukan pendaftaran. Kemudian, ikuti
petunjuk yang diberikan pemilik situs PPC. Tunggu lebih kurang satu jam dan
pengunjung (traffic) pun akan datang.
Bagaimana dengan 21s
merevolusi saluran distribusi ?
Menjelaskan efek interaktivitas dan
individualisasi pada saluran distribusi . Internet telah mengubah hubungan
pembeli - penjual dan pengalaman belanja pelanggan dan telah bergeser ke arah
kekuatan konsumen .
The 21s memiliki efek monumental pada
saluran distribusi . Pada avery tingkat dasar , internet adalah pengganti dari
bentuk-bentuk lain dari komunikasi antara saluran perantara . Alih-alih
mengunjungi , menelepon , atau mengirim surat kepada pelanggan atau pemasok ,
perusahaan sekarang dapat menghubungi mereka melalui internet . Namun, seperti
bab ini akan menggambarkan , internet jauh lebih dari saluran komunikasi baru .
Interaktivitas dan individualisasi internet telah mengubah hubungan distribusi
dalam berbagai cara .
Internet telah berubah secara radikal
hubungan buyer -seller dengan memfasilitasi real-time komunikasi antara anggota
saluran . Dan internet telah mengubah pengalaman belanja pelanggan . Pelanggan
sekarang memiliki kontrol penuh atas alam , dan dept interaksi . Dan internet
telah meningkatkan konsumen listrik . Mencari informasi kurang enpensive , baik
dari segi waktu dan uang , di internet . mesin pencari dasar dapat memberikan
pelanggan akses langsung ke situs web pihak ketiga , chat room , dan papan buletin
listrik yang memberikan peringkat produk independen
The objectivies saluran
perantara
Bagian ini menggambarkan dua tujuan
utama dari saluran perantara : efisiensi dan efektivitas . Kemudian membahas
unsur-unsur anggota saluran eliminasi dan mengapa tidak mungkin untuk
menghilangkan fuction ( s ) melakukan. Bagian ini diakhiri dengan diskusi
tentang bagaimana internet telah memainkan peran utama dalam disintermediasi
dari saluran distribusi .
Efisiensi
saluran dapat didefinisikan sebagai jumlah sumber daya yang dibutuhkan oleh
sistem distribusi untuk membuat produk atau layanan yang tersedia untuk
konsumsi atau penggunaan. Penambahan saluran perantara mengurangi jumlah
interaksi bahwa produsen harus melakukan, meskipun penting untuk dicatat bahwa
jumlah total interaksi telah benar-benar meningkat. Perantara memainkan peran
yang lebih penting dalam hal efektivitas saluran, atau kemampuan saluran untuk
melakukan fungsi yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
Sebuah studi kasus di
disintermediasi : Dell Direct
Bagian ini menganalisis evolusi
"membangun untuk memesan " konsep . Analisis ini membahas efek
disintermendiation dan bagaimana dell telah berhasil menerapkan strategi disintermediasi
dan mengeksploitasi potensi penuh dari 21s .
Merancang sistem
saluran : the distribution levers.
Bagian ini membahas tuas distribusi
primer dan bagaimana mereka mempengaruhi pembangunan hubungan buyer -seller .
Jenis perantara. pemilihan jenis
perantara penting karena anggota saluran yang berbeda melaksanakan berbagai
kombinasi fungsi yang mempengaruhi konfigurasi nilai yang diberikan kepada
pelanggan. Perusahaan Internet memiliki berbagai pilihan untuk perantara
channel online. Beberapa pilihan utama dijelaskan di bawah ini.
Penjual langsung. Perusahaan dapat pergi
langsung melalui internet, atau mungkin melalui telepon atau surat. Beberapa
perusahaan, seperti Columbia House, menggunakan kedua internet dan surat untuk
meminta pesanan dan berinteraksi dengan pelanggan.
Proses : merancang saluran
distribusi .
Bagian ini membahas proses lima langkah
untuk mengembangkan saluran distribusi atau mendesain ulang sistem yang ada
untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan pelanggan atau lingkungan yang
kompetitif . Proses lima langkah ini meliputi:
1
. Mengidentifikasi dan mengevaluasi preferensi konsumen dengan segmen
2
. Merancang sistem saluran berbasis pelanggan
3
. Memodifikasi strategi saluran didasarkan pada tujuan perusahaan dan kendala
4
. Memilih saluran perantara atau mitra
5
. Mengembangkan sistem umpan balik saluran
Mengelola saluran
distribusi .
memberikan wawasan tentang bagaimana
mengelola konflik saluran , yang sering terjadi ketika perusahaan mengubah
strategi distribusi mereka . Bagian ini menyoroti bagaimana konflik saluran
dapat diatasi dengan tepat menggunakan saluran listrik -yaitu , kekuatan reward
, kekuatan ahli , kekuasaan koersif , kekuatan legimate dan kekuasaan rujukan .
Bagian ini merupakan kesimpulan dengan menyajikan alternatif untuk menggunakan
daya saluran , menekankan kolaborasi antara anggota saluran .
Tuas Distribusi dan
empat tahap kunci dari hubungan pelanggan .
Bagian ini membahas bagaimana
masing-masing dari tuas distribusi dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran
dan mendorong eksplorasi dan komitmen , dan juga untuk membantu melarutkan
hubungan pembeli - penjual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar