Bab 14
DESAIN PEMASARAN PROGRAM FILM THE LORD OF THE RINGS (E-COMMERS)
Pada bulan Desember 2001, New Line
Cinema merilis film pertama dari trilogi film The Lord of the Ring, yang
merupakan sebuah film dari sebuah buku fenomenal karya JRR Tolkiens. Film
pertamanya ini menerima berbagai macam penghargaan dan keuntungan yang sangat
tinggi. Selain itu, keuntungan juga didapatkan dari perizinan sponsor,
merchendise dan distribusi yang baik. Hal ini terjadi bukan hanya karena
filmnya yang bagus, tetapi terdapat program pemasaran yang tepat sehingga
memudahkan suksesnya film ini. Bab ini akan menuntun kita untuk mempelajari
program pemasaran yang tepat dengan berbagai contoh yang detail dengan
mencontohkan beberapa cara pemasaran online yang efektif. Penekanan akan
ditempatkan pada matriks marketspace dan penggunaan tuas pemasaran untuk
memindahkan konsumen melalui tahap hubungan.
PENGANTAR
Kampanye film pertama The Lord of
the Rings merupakan kasus yang baik untuk memahami tahapan hubungan yang baik,
alasannya:
-
Kampanye interaktif yang menggunakan penggabungan cara tradisional dan kreatif
melalui pemasaran online
-
Pengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan
-
Mengolah pesan secara konsisten antara media online dan offline
-
Mengarahkan pelanggan melalui tahap hubungan dan membawa sejumlah besar orang
ke tahap komitmen
PENELITIAN PASAR : MENDEFINISIKAN
TARGET DAN PESAN DARI FILM
Tujuan dari pemasaran sebuah film tentunya
adalah penjualan tiket. Tujuan penelitian standar untuk mengidentifikasi segmen
khalayak kunci dan menentukan pesan yang akan mendorong ke box office.
Segmen mereka adalah seorang
penggemar film yang berusia antara 13 – 54 tahun terutama pada gender pria.
“Para penonton yang menjadi konsumen film in tidak perlu pernah membaca
cerita buku ini sebelumnya, tapi hanya perlu mendengar informasi mengenai
adanya film ini” itu merupakan prinsip dari pemasar dari film ini. Karena
bukan hanya penggemar Lord of the Rings saja yang menjadi target konsumen,
tetapi semua orang.
Pemasar film ini melakukan 2 teknik
pemasaran yaitu online dan offline. Pemasaran online (internet) ditujukan
kepada colon konsumen yang berusia 13 – 34 tahun dimana pada umur ini akrab sekali
dengan internet. Sedangkan teknik offline ditujukan pada 35 – 54 tahun yang
sangat memperhatikan produk promosi offline.
STRATEGI PEMASARAN BISNIS
Korporasi dan Strategi Unit Bisnis
New Line yang unik cocok untuk
mengembangkan “The Lord of the Rings” sebagian karena budaya perusahaan yang
sangat mendukung proses pengembangan independen. Beberapa studio akan
memberikan pembuat film seperti Peter Jackson otonomi dan kebebasan kreatif
untuk film proyek ambisius tersebut lebih bahwa pengawasan 7000 mil jauhnya
perusahaan.
New Line lisensi film ke pasar
tambahan, termasuk kabel dan siaran televisi, serta tempat-tempat
internasional. Perusahaan, whitch sekarang menjadi anak perusahaan dari AOL
Time Warner, mengoperasikan beberapa divitions, termasuk in-house distribusi
teater, pemasaran, home video, televisi, akuisisi, lisensi, dan unit
merchandising.
Kekuatan Pemasaran dalam film The
Lord of The Rings
Tim pemasaran membangun website
dengan kedalaman dan luasnya akan memungkinkan untuk menyenangkan berbagai segmen
khalayak melalui pendekatan gaya prasmanan. Hard-core fiksi ilmiah anf “The
Lord of the Rings” penggemar bisa mendapatkan di belakang layar informasi
tentang produksi film, sementara yang lain bisa menjelajahi pengaturan film dan
berbagai makhluk dan budaya nya.
Para penonton built-in juga
disajikan sebuah tantangan. Inti basis penggemar yang mencintai buku-buku tidak
akan secara otomatis embrance film apapun. Bahkan, internet bisa menjadi
kewajiban jika para fans inti berbalik melawan perjalanan film buruk Dast
online. Tantangannya adalah untuk menanamkan kepercayaan pada awal basis
penggemar siap ini.
Strategi Pemasaran
Segmentasi:
pemirsa potensial bervariasi dalam demografi dan psikografi. seperti yang dibahas sebelumnya, inti, Tuhan sudah ada dari fans Rings menjadi sasaran terpisah dari penonton bioskop umum.
pemirsa potensial bervariasi dalam demografi dan psikografi. seperti yang dibahas sebelumnya, inti, Tuhan sudah ada dari fans Rings menjadi sasaran terpisah dari penonton bioskop umum.
Target dan Timing:
- Inti Lord of the Rings penggemar
- Penggemar Sekunder
- Massa penonton di seluruh dunia
Pemposisian:
Pemposisian film ini melalui 2 Cara, yaitu:
Pemposisian film ini melalui 2 Cara, yaitu:
- Pemasaran online (Viral Marketing,
Kemitraan, Content bersama)
- Offline marketing (Konsistensi
dengan Merek, Kemitraan Konten, panggilan konsisten untuk tindakan)
Harga:
Berbeda dengan bioskop yang
didirikan harga, terkait rumah-hiburan dan produk tambahan memiliki harga bervariasi.
DVD dan video kaset judul yang dijadwalkan sewa dor primer traditoonally harga
highter daripada yang diharapkan memiliki penjualan konsumen yang tinggi. Buku,
soundtrack, dan barang dagangan berlisensi semua menggunakan metode harga
beragam yang didasarkan pada model bisnis masing-masing.
Pengalaman Konsumen :
Dalam perencanaan yang tepat secara
online “Lord of the Rings” pengalaman. New Line Cinema menghadapi tantangan:
Bagaimana hal itu akan melibatkan penggemar inti tanpa mengecilkan pemula? Mereka
pendatang baru bisa merasa tersisihkan jika website mengirim messege bahwa
salah satu kebutuhan untuk telah membaca Tolkien untuk menikmati film. Untuk
mengintegrasikan pengalaman online dan offline, New Lin mengambil aset offline
tradisional dan memodif mereka untuk meningkatkan kekuatan internet.
Antarmuka dengan Konsumen
Berbagai upaya pemasaran film The
Lord of the Ring dalam mengarahkan konsumennya untuk lebih dekat dengan
informasi film yaitu dengan pendekatan konteks, konten, komunitas, customisasi,
koneksi, commerse dan komunikasi.
DESAIN DARI PROGRAM MARKETING
Perencanaan Tingkat Hubungan
Hal yang dilakukan dengan upaya :
Kesadaran (pengakuan, kesadaran, keunggulan produk), eksplorasi / ekspansi
(pemahaman, pembelajaran aktif, keinginan, niat, keakraban, dan menyebarkan
kata), Komitmen (masyarakat, penginjilan dan pembelian)
Objektif New Line dengan Tingkat
Hubungan Konsumen
- Kerangka Hubungan tahap bekerja
untuk rencana pemasaran baik online dan offline, bahwa tuas pemasaran offline
tradisional berfungsi sempurna dalam konteks kerangka ini, yang kampanye ini
menunjukkan.
- The Lord of the Rings kampanye
mengandalkan tuas online dan offline yang terintegrasi, sehingga diskusi
tentang tuas online akan melukis gambaran yang tidak lengkap.
- Terintegrasi secara online dan
rencana Pengunjung umumnya akan lebih berhasil daripada rencana yang
mengandalkan satu set tuas.
Rencana Terpadu Film The Lord of the
Rings
Rencana mempekerjakan lebih dari 25
tuas online, bersama dengan lebih dari 25 Pengunjung tuas. Banyak tuas berbasis
internet mengambil keuntungan dari 21s: individualisasi dan interaktifitas.
Hasilnya adalah kesuksesan diukur dalam menggerakkan pengguna internet dari
kesadaran komitmen.
Membangun Kesadaran Konsumen dengan
Perangkat Online
New Line Cinema perusahaan induk,
AOL Times, Warner, juga memiliki unggulan America Online Network, dunia
penyedia layanan Internet terbesar. Fokus keseluruhan dari kemitraan dengan AOL
adalah untuk memindahkan konsumen ke awerness dan tahap eksplorasi, tetapi juga
memiliki kemampuan interaktif untuk memindahkan mereka ke komitmen. Komponen
yang terlibat tiga kategori pengungkit, dikombinasikan dengan indicidualization
dan interaktivitas dari AOL. Kampanye konten AOL pindah pengguna ke tahap
kesadaran, tapi itu juga mampu memanfaatkan interaktivitas untuk memungkinkan
pengguna untuk pindah ke eksplorasi dan komitmen sederhana dan easly.
Properti web online AOL
AOL Moviefone : Moviefone is the leading
online sources of movie showtimes and tickets. moreover, the email message are
them self interactive. Users can move from awareness to explorations by
clicking to view the movie’s trailer or visiting the Lord of the Ring website.
Netscape : Netscape create promotional
programs that drove consumer awarness of the Lord of the Rings bulletin boards,
and New Line Cinema linked to the bulletin boards from the official website.
ICQ : ICQ proved to have high
penetration and adoption within the core Lord of the RIngs fan community.
Moviefone : Integrasi Konten
Pengungkit Tambahan: dukungan AOL
diperluas ke properti web lain dan unit usaha tambahan. Editorial dan
pemrograman iklan termasuk promosi dari Lord of the Rings sountrack di AOL
Music dan Lord of the Rings stasiun radio di AOL Spinner / WinAmp.
Layanan AOL Tie-In. Selain film dan hiburan, AOL juga
mempromosikan The Lord of the Rings di semua area konten layanan utama. Selama
dua minggu sebelum rilis di bioskop, AOL meluncurkan promosi tiket dari layar
selamat datang. Layar terkait degan pengguna untuk tangangan halaman Lord of
Rings, yang menawarkan tiket online, klip dari trailer film, dan link ke konten
terkait di AOL.
Situs penggemar
Jajaran baru bekerja sama dengan
kelompok-kelompok penggemar dan webmaster website Tolkien. Kelompok-kelompok
ini menciptakan konten editorial yang didedikasikan untuk film sehari-hari.
Sementara kelompok-kelompok ini sudah pada tahap hubungan komitmen, harapan
mereka menciptakan kesadaran kelompok lain dan menghasilkan gebrakan positif
melalui liputan berita mereka. Jajaran baru menyediakan situs penggemar dengan
konten promosi untuk situs Web mereka dan berinteraksi dengan webmaster
terus-menerus. Hal ini juga mengundang webmaster fan untuk menekan kegiatan dan
penayangan perdana film serta rutin memberi mereka akses ke pembuat film dan
lain-lain yang terlibat dengan film.
Seperti disebutkan sebelumnya,
keterlibatan penggemar aktif dalam membangun dan berbagi konten tentang film
serta mendorong pertumbuhan situs yang difokuskan pada Tolkien dan film. Situs
300 penggemar pada tahun 1999 berkembang menjadi lebih 300.000 dengan rilis
film pertama. Pemegang kunci untuk ledakan ini dalam kegiatan adalah antusiasme
para penggemar dan kesadaran tinggi dari The Lord of the Rings karena inisiatif
pemasaran awal. Selain itu, penerbit Houghton Mifflin melaporkan peningkatan
dramatis dalam penjualan dari trilogi. Penjualan buku menjadi dua kali lipat,
dari 50 juta menjadi lebih dari 100 juta, pada tahun-tahun antara pengumuman
produksi film dan rilis. Kepentingan anggota baru, penggemar berkomitmen, dan
penggemar film yang dikombinasikan untuk menciptakan dan basis pengguna yang
sangat aktif dan tingginya tingkat pengguna content.
New Line Kontes
New Line Cinema menjalankan sejumlah
kontes besar pada spektrum yang luas dari situs web. Kontes menyerahkan barang
dagangan termasuk Lord of the Rings T-shirt dan poster, dan disertai dengan
konten promosi yang cukup besar. Kontes digunakan sebagai tuas kesadaran untuk
menarik perhatian pengguna. Dengan menyediakan Lord of the Rings konten ke
berbagai situs, New Lines juga memungkinkan sebuah cara eksplorasi / ekspansi
yang bisa dialami tanpa mengunjungi situs eksternal. Cara baru degan melakukan
kontes pada batasan yang tinggi serta situs-situs yang lebih bertarget. Promosi
adalah alat yang efektif untuk efisien menargetkan demografis sekunder. Sebagai
contoh, situs remaja Alloy.com dan Bolt.com dipilih sebagai website hiburan
dengan penonton yang didominasi perempuan muda.
Promosi majalah online
New Line agresif mencari publisitas
di majalah online, mulai dari online versi Rakyat dan TV, serat cara publikasi
yang kurang menonjol. Ini mengirim siaran dan membuat bintang film bersedia
untuk pemotretan dan wawancara. Ini diatur dengan cara obrolan online dengan
pemeran utama dan situs yang ditargetkan. Upaya ini membantu cara baru untuk
meningkatkan jangkauannya di kalangan pengguna internet. Sementara menjenuhkan
ruang yang luas dari Web adalah hal sulit, The Lord of the Rings memiliki
kehadiran di hampir semua properti Web besar.
Membangun Kesadaran dengan cara
Offline
Trailer film
Cara baru memperkenalkan The Lord of
the Rings untuk penonton bioskop dengan trailer yang diputar di bioskop di
seluruh bangsa. Trailer biasanya digunakan sebagai cara untuk membangun
kesadaran. Mereka dapat ditampilkan sebelum film yang menarik khalayak sasaran
yang sama dalam rangka meningkatkan dampak dari promosi.
Iklan TV
Dalam iklan televisi tersebut, New
Line mengadopsi strategi dan nada sama seperti yang digunakan dalam trailer
film. Kampanye televisi difokuskan pada sifat epik film dan dengan tema klasik
baik serta jahat. Karena trilogy pemain besar tentang karakter dan beberapa
serta alur cerita, gelombang pertama dari iklan memperkenalkan karakter
prinsipal utama.
Radio
Dalam promosi radio, New Line memilih stasiun dengan pendengar sesuai dengan demografis penggemar yang sama seperti Lord of the Rings. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kesadaran dan buzz di antara mereka yang sangat mungkin untuk menjadi pelanggan membayar di box office.
Dalam promosi radio, New Line memilih stasiun dengan pendengar sesuai dengan demografis penggemar yang sama seperti Lord of the Rings. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kesadaran dan buzz di antara mereka yang sangat mungkin untuk menjadi pelanggan membayar di box office.
Iklan luar Ruangan
Iklan di luar ruangan, yang muncul
di billboard, bus, dan bilik telepon, juga bertujuan untuk membangun kesadaran
tentang film. Beberapa disponsori oleh mitra seperti mitra elektronik dalam
negeri.
Iklan Cetak
The Lord of the Rings muncul di
berbagai iklan majalah dan surat kabar. Bahkan, setelah iklan televisi, iklan
surat kabar menerima alokasi anggaran terbesar, iklan cetak juga mempromosikan.
Retail Point-of-Purchase
Menampilkan
Penerbit Houghton Mifflin merancang
sampul buku baru yang menggunakan gambar dari film. Kehadiran display adalah
point pembelian yang dibangun untuk kesadaran merek di toko-toko di seluruh
dunia. Sebagai media promosi untuk film diperluas, kehadiran ritel meningkat
untuk mengambil keuntungan dari kesadaran yang tinggi. Selain itu, alamat situs
film ditempatkan pada semua penutup diterbitkan kembali, yang dipromosikan
secara eksplorasi. Pembelian konsumen buku menandakan komitmen dan dalam
beberapa kasus virus marketing.
Kemitraan dan Promosi Nasional
Dalam memilih mitra, bioskop New
Line sensitif dengan pencocokan kepribadian merek, sehingga penggemar buku-buku
di seluruh dunia tidak akan merasa merek tersebut direndahkan. Mitra Jalur Baru
berharap mendapat keuntungan dari dolar sebagai studio yang akan menghabiskan
dan meningkatkan ekuitas merek mereka dengan jutaan penggemar Tolkien.
Akibatnya, perusahaan bersedia membayar untuk pemasaran kemitraan,
mempromosikan produk mereka sendiri sambil membangun kesadaran untuk film ini.
The dolar Media tie diizinkan New
Line untuk memusatkan dolar sendiri pada kelompok demografis tertentu dan
menyebarkan pengeluaran promosi sepanjang musim liburan. Hasilnya adalah
kampanye yang mudah berhasil melewati kekacauan untuk mendapatkan perhatian
yang tinggi.
Burger King. Burger Raja Corp menciptakan
program pemasaran global yang membentang lebih dari 10.000 restoran yang
menampilkan The Lord of the Rings. $ 30 juta kampanye diluncurkan sekitar 2001
memberi jangkauan yang luas dengan undian dewasa bertarget dan menawarkan
koleksi. Burger King juga merancang program kesadaran untuk menargetkan
komunitas. Semua Burger King kemasan membawa alamat untuk website resmi film,
dan undian secara online diciptakan untuk website Burger King.
JVC Electronics. JVC bermitra dengan New Line untuk
membangun program branding yang komprehensif yang dipromosikan produk video
konsumen JVC dan merilis teater The Lord of the Rings. JVC adalah mitra
elektronik eksklusif untuk rilis teater dari film pertama.
Kampanye pemasaran bersama dimulai
dengan pembukaan dari sebuah billboard di New York Times Square. JVC dan New
Line Cinema juga bekerja sama untuk membuat undian, bangkit kembali couponing,
dan penggabungan peluang, yang termasuk DVD player edisi terbatas dengan
co-branded pengepakan dan menampilkan sebuah DVD versi komplikasi kebiasaan LOTR
behind-the-scenes. Paket-paket co-branded ware di tersedia mulai bulan
September 2001 untuk mendukung kesadaran lokasi ritel. Konsumen yang membeli
produk dan melihat behind-the-scenes yang akan masuk ke dalam tahap eksplorasi
/ ekspansi. Seperti dengan promosi Burger King, kemasan JVC membawa alamat
website resmi.
Barnes & Noble. Jaringan toko buku Barnes &
Noble bermitra dengan New Line untuk membangun dan program online untuk
mendukung rilis film dan penjualan buku. Kedua perusahaan memanfaatkan dampak
branding gambar teater terpampang di sampul baru dari trilogi. Peristiwa di
dalam toko dan penandatanganan buku dengan para pemain serta pembuat film telah
dikoordinasikan dengan jadwal publisitas film dan dengan merilis buku baru,
termasuk The Fellowship of the Rings Visual Companion dan The Lord of the Rings
Resmi Film Guide. Barnes & Noble memiliki point-of-pembelian, dan di toko
monitor video diputar trailer film dan behind-the-scenes.
Asosiasi Perpustakaan Amerika dan
Teen Baca Week.
New Line Cinema bergabung dengan American Library Association untuk Remaja
tahunan Baca Week pada bulan Oktober 2001. Tujuan program dan branding
mendorong remaja untuk “Baca untuk Fun” dan “Membuat Reading A Hobbit.”
Bookstore nasional berpartisipasi, dengan Barnes & Noble bergabung sebagai
sponsor resmi. Sekolah dan perpustakaan menerima poster yang menampilkan Lord
of the Rings karakter membaca. Ini menargetkan komponen berbasis pemuda
sekunder dari strategi kesadaran umum.
Promosi Televisi: The WB Network. Pada September
2001, The WB Jaringan bergabung dengan New Line untuk menjadi jaringan
eksklusif untuk menayangkan premier trailer teater baru. Trailer ditayangkan
selama siaran, sebuah acara yang dipilih untuk mendorong kesadaran di kalangan
wanita muda. The WB dipromosikan trailer luas, yang membantu mengembangkan
kesadaran.
Kampanye Cepat dan
lama: Majalah, Koran dan Program TV. Cara lama mengunakan majalah,
koran, dan televisi pemrograman menawarkan kemampuan untuk mengkoordinasikan
pengungkit dalam suksesi cepat waktunya. Peluang ini harus dikoordinasikan
untuk eksploitasi online juga. promosi majalah termasuk cerita yang muncul
lebih dari satu tahun sebelum rilis film pertama, seperti Vanity Fair
pemotretan eksklusif dari pemain dalam karakter di Selandia Baru. Seperti rilis
Desember 2001 mendekat, sampul majalah yang disusun pada publikasi bulanan dan
mingguan, termasuk serial TV Guide dari empat sampul tertagih dan serangkaian
lima-cover pada Entertainment Weekly. Sementara konten editorial tidak berfungsi
sebagai tuas kesadaran, konsumen yang berinteraksi dengan bahan pindah ke tahap
eksplorasi / ekspansi.
Cara online
yang Mendorong Eksplorasi / Ekspansi
Official Website
Situs resmi film Cinema
(www.lordoftherings.net) adalah elemen pemasaran awal dan titik fokus dalam
strategi untuk membangun dialog dengan segmen yang paling penting dari basis
pelanggannya. Karena alamat website dicap fisik di semua media, itu menciptakan
panggilan untuk bertindak bagi konsumen untuk berinteraksi dengan brand, yang
jelas merupakan tahap eksplorasi / ekspansi.
AOL Keyword “Lord of the
Rings”
New Line Cinema konten yang
disediakan untuk jaringan milik AOL. Setiap anggota AOL America Online bisa
memasukkan kata kunci “Lord of the Rings” untuk sampai ke halaman Lord of the
Rings disesuaikan dengan link ke website resmi dan fitur dalam merek AOL,
termasuk Moviefone, AOL hiburan, Film, Musik, Spinner, Winamp , saluran
Computing, dan AOL Parenting, Wanita, dan Pria.
AOL Meviefone memiliki foto-foto
eksklusif dari set, serta trailer film download. Selain itu, New Line dikemas
ulang dalam jumlah besar konten dari situs resminya, termasuk daftar pemain,
ringkasan cerita, dan catatan produksi, sehingga anggota AOL bisa menikmati
bahan ini tanpa meninggalkan layanan AOL.
Konten tersindikasi
New Line konten Cinema disediakan
lord of the Rings ke situs Web untuk membuat situs afiliasi ini lebih menarik
untuk fans dan mendorong untuk eksplorasi dan ekspansi. Kontes Trivia, yang
termasuk galeri foto dan klip video, melaju jutaan tampilan halaman untuk mitra
dan pindah konsumen di luar tahap awal hubungan. Para konsumen bisa
berinteraksi dengan Lord of the Rings bahan sambil tetap pada situs-situs asli.
E-mail Pemasaran
Kampanye pemasaran e-mail New Line
dipromosikan berlangsung untuk eksplorasi / ekspansi dengan disesuaikan, pesan
berbasis konten yang relevan dengan kampanye dan untuk pelanggan. Homepage dari
situs resmi mengundang pengunjung untuk “bergabung dengan persekutuan dengan
tetap terhubung dengan update e-mail.”
Apple QuickTime
New Line semua host Lord of the
Rings trailer di website Apple QuickTime, pemasok terkemuka Internet berbasis
video streaming, QuickTime menawarkan link untuk men-download dan melihat
trailer. Orang-orang membaca dengan teliti website QuickTime cenderung akan mencari
video yang berbasis internet, membuat ini tuas efektif untuk eksplorasi /
ekspansi.
Couponing untuk Theater Undian (Offline untuk
Online)
New Line menciptakan promosi yang
disebut “Satu Undian untuk Peraturan Mereka Semua.” Promosi diiklankan di lebih
dari 6 juta cangkir, tas popcorn dan bak popcorn. Namun, ajakan untuk
memasukkan kontes melaju serta eksplorasi / ekspansi dengan mengirimkan
konsumen ke situs resmi untuk masuk. Kontes ini berlangsung dari bulan November
2001 sampai Februari 2002 dan menarik lebih dari 300.000 pendatang.
Offline Cara yang Mendorong Eksplorasi / Ekspansi
Cakupan Majalah terkemuka
Seperti disebutkan ketika kita
membahas cara sebelumnya, The Lord of the Rings membuat sampul banyak majalah
populer. Tetapi artikel juga memberikan konsumen kesempatan untuk eksplorasi
dan ekspansi. Artikel tersebut biasanya memberikan alur cerita film dan
menyoroti karakter utama. Cakupan terkemuka termasuk sampul Entertainment
Weekly, TV Guide, dan Amerika Cinematographer, serta artikel fitur di Newsweek
dan Premiere.
Program Televisi
Juga disebutkan sebelumnya, sesekali
jaringan siaran dipromosikan melalui kesadaran promosi, tapi konsumen yang
aktif disetel untuk program khusus dipicu dengan cara eksplorasi. Beberapa
program bahkan cukup ditargetkan untuk memindahkan pemirsa untuk komitmen.
Jaringan televisi dengan alasan yang berfungsi sebagai eksplorasi dan termasuk
ekspansi (setengah jam khusus dengan wawancara), Fox (setengah-jam khusus yang
disebut Quest for the Rings dengan pemain dan pembuat film wawancara), FX
Jaringan (siaran ulang dari pencarian Fox untuk the Rings), MTV (setengah jam
khusus dengan belakang -adegan cuplikan dan wawancara), dan National Geographic
(khusus disebut luar Movie: The Fellowship of the Ring yang ditelusuri pengaruh
trilogi).
Houghton Mifflin
New Line Cinema berupaya
memanfaatkan Houghton Mifflin penerbit buku untuk mendorong pembaca dalam tiga
tahap berkelanjutan. Sebagaimana dicatat di bagian kesadaran,
point-of-pembelian menampilkan tawaran berbasis tayangan branding untuk film
melalui sampul buku baru. Branding alamat website resmi pada semua publikasi
memberikan cara konsumen untuk mempelajari lebih lanjut tentang film tersebut.
Konsumen yang membeli buku pindah ke tahap eksplorasi / ekspansi dan sangat
memenuhi syarat untuk tahap komitmen.
Offline Referensi Website
Cara lain di mana New Line mendorong
pelanggan untuk mencapai tahap eksplorasi / ekspansi adalah dengan menyalurkan
mereka dari offline ke situshttp://www.lordoftherings.net. Semua iklan offline mengacu pada
situs resmi sehingga konsumen penasaran bisa memperdalam mereka dari
pengalaman. Selain itu, sebagaimana disebutkan dalam banyak deskripsi, branding
situs termasuk dalam program mitra.
Cara tambahan
New Line Diluncurkan The Lord of the
Rings dengan high-profile perdana di beberapa benua. Dunia premier di London
adalah acara bertabur bintang yang mendapat perhatian di seluruh dunia. Setelah
upacara karpet merah dan pihak menerima paparan siaran signifikan dan cakupan
halaman depan dalam publikasi hiburan. New York City dan Wellington, Selandia
Baru, Hosted perdana tambahan.
Mendapatkan Komitmen dengan cara
online
LordoftheRings.net
Selain menjadi cara kunci untuk
tahap eksplorasi dan ekspansi, situs resmi memberikan banyak alat-alat yang
dihasilkan dan komitmen berkelanjutan untuk merek Lord of the Rings.
Downloads
Download file membawa pengalaman Lord of the Rings bagi pengguna desktop komputer dan personal digital assistant (PDA). Produk film ini terus segar dalam pikiran konsumen dan komitmen berkelanjutan pada mereka yang bersemangat tentang film bahkan sebelum dirilis. Setelah rilis, download ini gratis membantu mempertahankan minat waralaba dan mendorong virus marketing yang mendukung DVD dan video penjualan. Contoh download ini meliputi:
Download file membawa pengalaman Lord of the Rings bagi pengguna desktop komputer dan personal digital assistant (PDA). Produk film ini terus segar dalam pikiran konsumen dan komitmen berkelanjutan pada mereka yang bersemangat tentang film bahkan sebelum dirilis. Setelah rilis, download ini gratis membantu mempertahankan minat waralaba dan mendorong virus marketing yang mendukung DVD dan video penjualan. Contoh download ini meliputi:
Screensaver. New Line Cinema menydiakan
screensaver gratis dengan gambar Lord of the Rings. (Sreensaver mencegah
kerusakan monitor komputer dengan memutar gambar yang muncul di layar selama
waktu tertentu.) Screensaver membantu mempertahankan komitmen pada pengguna
mereka, dan juga diiklankan film ke orang-orang yang berjalan oleh komputer,
khususnya di lingkungan kantor.
Wallpaper. Wallpaper Elektronik menampilkan
pola atau gambar pada desktop komputer pengguna. Sama seperti screensaver,
wallpaper berkelanjutan komitmen dan juga menjabat sebagai iklan gratis.
Ticketing
Dalam dua minggu sebelum rilis teater, New Line mencoba menjadi inisiatif tiket maju melalui kampanye e-mail penjualan langsung. Program e-mail menyumbang presale online 15.000 tiket. Homepage dari situs resmi memungkinkan konsumen untuk memasukkan kode pos mereka dan baik membeli tiket langsung melalui AOL Moviefone atau mencari tahu di mana film tersebut akan bermain di daerah mereka. Penawaran ini juga berfungsi sebagai pengingat bahwa film datang ke bioskop segera.
Dalam dua minggu sebelum rilis teater, New Line mencoba menjadi inisiatif tiket maju melalui kampanye e-mail penjualan langsung. Program e-mail menyumbang presale online 15.000 tiket. Homepage dari situs resmi memungkinkan konsumen untuk memasukkan kode pos mereka dan baik membeli tiket langsung melalui AOL Moviefone atau mencari tahu di mana film tersebut akan bermain di daerah mereka. Penawaran ini juga berfungsi sebagai pengingat bahwa film datang ke bioskop segera.
Toko @ AOL
AOL bergabung dengan New Line dalam
menciptakan inisiatif utama untuk menawarkan konsumen berbagai produk lisensi
Lord of the Rings. Itu cara yang lebih berjangkauan luas daripada toko online
umum New Line sendiri, seperti yang sangat dipromosikan sebagai tempat untuk
membeli barang dagangan Lord of the Rings pada layanan unggulan AOL selain
Internet kelompok properti Web. New Line dipromosikan Shop @ upaya AOL dan
termasuk top-level menghubungkan dari toko New Line di website resmi.
AOL Wireless dan Voice Streaming
New Line bermitra dalam negeri
dengan AOL Wireless menawarkan nirkabel “komunitas” dalam hubungan dengan
pasangan Upoc, layanan yang membangun komunitas mobile dengan memungkinkan
pengguna untuk mengirim pesan ke setiap jenis ponsel atau pager dua arah.
Masyarakat mengembangkan berdasarkan langganan, mirip dengan newsletter e-mail.
Untuk situasi Lord of the Rings, komponen ponsel memungkinkan konten yang akan
dibuat dan diakses terus menerus. Integrasi penggunaan promosi ini adalah baik
karena masyarakat diperbolehkan individualistis dua arah messaging dan konsumen
dapat men-download dan mengadopsi nada dering eksklusif, ikon telepon dan
screensaver dalam hubungan dengan AOL dan New Line mitra telekomunikasi
VoiceStream. Konsumen yang berinteraksi dalam wilayah komunitas nirkabel atau
mengadopsi Lord of the Rings konten pada ponsel mereka memiliki tingkat
komitmen yang ditunjukkan itu sangat mungkin mereka akan menonton film.
Amazon.com
Amazon.com gencar mempromosikan buku
Lord of the Rings dan menciptakan fitur produk berlisensi yang didedikasikan
untuk The Lord of The Ring. Amazon jelas percaya promosi ini akan menguntungkan
bisnisnya, sebagai 1999 Amazon jajak pendapat pembaca terdaftar Lord of the
Rings trilogi sebagai pekerjaan yang paling penting dari abad terakhir.
Amazon.com juga menyoroti pembukaan film dalam e-mail film mingguan, yang
disampaikan kepada lebih dari satu juta pelanggan.
Cara tambahan
Cata komitmen tambahan termasuk
kemitraan masyarakat disebutkan sebelumnya dengan Netscape dan ICQ. Daerah
mitra tersebut bersama-sama dipromosikan oleh mitra dan website resmi. Juga,
Warner Brothers Music menciptakan area online yang dapat diakses melalui
peningkatan porsi CD dari soundtrack film. Daerah ini memberikan pengguna
berkomitmen konten eksklusif dan memungkinkan akses non-eksklusif untuk
orang-orang pada tahap eksplorasi / ekspansi.
Mendapatkan Komitmen dengan cara
Offline
Merchandising
Versi film dari trilogi menelurkan
berbagai produk berlisensi. Konsumen yang membeli mainan Lord of the Rings, jam
tangan, T-shirt, dan barang dagangan lainnya tentu menunjukkan tingkat komitmen
yang tinggi untuk film dan merek
Houghton Mifflin Books
Sebagai catatan sebelumnya, Houghton
Mifflin diterbitkan buku film spesifik yang tak ternilai sebagai premi promosi
untuk anggota pers dan pengaruh utama. Selain itu, konsumen yang membeli
buku-buku, The Fellowship of the Ring Companion Visual dan The Lord of the
Rings Official Movie Guide, berkomitmen untuk merek.
Trailer (musim gugur 2001)
Jangka waktu untuk segmen tertentu,
trailer teater akhir di musim gugur tahun 2001 pindah konsumen dalam tahap
eksplorasi / ekspansi ke tahap komitmen. Waktu terhuyung-huyung dari trailer
diperbolehkan New Line untuk menargetkan sering penonton bioskop awal dan
memindahkan mereka terhadap komitmen.
Sci-Fi Saluran Khusus: “Cinema Beyond: A Passage
to Middle-earth”
Program televisi yang disesuaikan
dengan demografi tertentu dapat mendorong komitmen untuk penggemar inti, Cinema
Beyond: A Passage to Dunia Tengah, ditayangkan di Sci-Fi Saluran beberapa kali
dalam dua minggu menjelang rilis teater dari The Lord of the Rings.
Konvensi (Comicon)
New Line mendukung acara fan dan
konvensi sebagai outlet untuk mengatur keinginan dan untuk mengukur tingkat
komitmen. Kehadiran di acara ini menunjukkan maksud untuk melihat film ini dan
merupakan alat yang efektif untuk memasuki pikiran para fans.
Warner Bros Soundtrack
Soundtrack film, yang termasuk lagu
baru dengan Enya, dirilis oleh Warner Bros Records sebelum premier film
tersebut. Sebuah video musik diciptakan untuk lagu “Let It Be”. Soundtrack
adalah cara pemasaran untuk mempromosikan lebih lanjut film, dan itu sangat
mungkin bahwa konsumen yang membeli soundtrack akan melihat film ini.
Pemutusan
Seperti disebutkan dalam judul Point-Counterpoint “Apakah Pemutusan Membeli Tiket Efektif?” Studio film pemasaran tidak harus merencanakan untuk membubarkan hubungan dengan pelanggan yang membeli tiket. Dalam kasus ini, New Line dilihat sebagai komitmen pembelian tiket, dan tujuannya adalah untuk mempertahankan komitmen itu. Jika pendapatan tambahan tidak dapat dihasilkan dari pelanggan komitmen, hubungan secara efektif akan membubarkan diri.
Seperti disebutkan dalam judul Point-Counterpoint “Apakah Pemutusan Membeli Tiket Efektif?” Studio film pemasaran tidak harus merencanakan untuk membubarkan hubungan dengan pelanggan yang membeli tiket. Dalam kasus ini, New Line dilihat sebagai komitmen pembelian tiket, dan tujuannya adalah untuk mempertahankan komitmen itu. Jika pendapatan tambahan tidak dapat dihasilkan dari pelanggan komitmen, hubungan secara efektif akan membubarkan diri.
Keberhasilan dari Kampanye ” Lord of
the Rings ”
Diukur dengan penerimaan box-office
, rencana pemasaran untuk The Lord of the Rings : The Fellowship of the Ring
adalah sukses. Selain penjualan tiket yang kuat , film juga menyampaikan nilai
bagi mitra promosinya . Buzz tentang The Lord of the Rings tampaknya di
mana-mana untuk sebagian besar bulan November dan Desember 2001. Pelacakan
industri menunjukkan tingkat kesadaran 94 persen di antara penonton bioskop
selama minggu peluncurannya . Lebih dari 59 persen dari penonton bioskop
dinyatakan sebagai ” kepentingan tertentu ” dalam film . (untuk penonton
bioskop laki-laki di atas usia 25 , jumlahnya melonjak hingga 70 persen . )
dalam jajak pendapat teater pada hari pembukaan , lebih dari 50 persen penonton mengatakan internet adalah salah satu sumber untuk informasi tentang film . Menimbang bahwa belanja internet menyumbang kurang dari 2 persen dari anggaran pemasaran , pemasaran online memiliki pengembalian fenomenal tinggi atas investasi , dan memperoleh pelanggan dengan biaya yang jauh lebih rendah dari pemasaran offline . ( Budget New Line Cinema untuk The Lord of the Rings memiliki alokasi anggaran pemasaran Internet yang lebih tinggi daripada yang khas untuk film New Line lainnya . )
dalam jajak pendapat teater pada hari pembukaan , lebih dari 50 persen penonton mengatakan internet adalah salah satu sumber untuk informasi tentang film . Menimbang bahwa belanja internet menyumbang kurang dari 2 persen dari anggaran pemasaran , pemasaran online memiliki pengembalian fenomenal tinggi atas investasi , dan memperoleh pelanggan dengan biaya yang jauh lebih rendah dari pemasaran offline . ( Budget New Line Cinema untuk The Lord of the Rings memiliki alokasi anggaran pemasaran Internet yang lebih tinggi daripada yang khas untuk film New Line lainnya . )
Upaya Jalur Baru online dikonversi
gebrakan ke penjualan tiket kemajuan yang signifikan, dengan program e-mail
langsung akuntansi untuk 15.000 presales tiket online, lebih dari 1,3 juta
tiket yang dijual secara online pada bulan Desember 2001. Selanjutnya,
penjualan tiket online menyumbang 8,25 persen dari penjualan akhir pekan pembukaan
itu. Menurut jajak pendapat teater, lebih dari 40 persen dari penonton pekan
pembukaan mengatakan mereka belajar tentang film dari web. Selain itu, 50
persen penonton laki-laki mengatakan kampanye internet mengantar mereka ke box
office, dan sepertiga dari penonton melaporkan melihat sebuah iklan.
Pada tahap kepedulian, New Line
menghasilkan pengakuan besar bagi sifat kepahlawanan properti. Ini membentuk
silsilah merek dan membuat pelanggan memahami bahwa kualitas produksi akan
cocok dengan nilai sastra trilogi itu. Pada tahap eksplorasi / ekspansi,
penonton bisa belajar tentang karakter, budaya, dan bahasa Dunia Tengah, dan
New Line disediakan sebagai alat untuk membantu orang-orang memberitahu
teman-teman mereka tentang film. Pada tahap komitmen, studio membuatnya mudah
untuk melihat film, untuk memahami, dan untuk melanjutkan tahap komitmen dengan
membaca buku atau mendengarkan soundtrack.
Enam Faktor
Keberhasilan Rencana Pemasaran adalah:
• Offline dan Online Kemitraan.
Mitra ingin berhubungan dengan merek Lord of the Rings (dan demografis bahwa
properti tercapai), dan New Line ingin meningkatkan jangkauan dan frekuensi di
semua format media, online dan offline. Jumlah kemitraan New Line Cinema
melanda secara signifikan memperluas jangkauan dan frekuensi kampanye.
• Pelengkap Cara. New Line
diterapkan sejumlah besar cara untuk menciptakan kesadaran, sebagian besar cara
yang offline. Untuk tahap komitmen, fokus rencana itu beralih ke cara online.
Dalam semua tahap, bagaimanapun, New Line terintegrasi cara online dan offline
untuk memaksimalkan efek keseluruhan memajukan pelanggan melalui tahapan.
• Jangkauan dan Frekuensi di
Internet. New Line Cinema memanfaatkan hubungannya dengan perusahaan induk AOL
Time Warner dan AOL unggulan layanan Internet-nya, mendapatkan akses ke
pengguna lebih dari 30 juta. New Line juga mengulurkan tangan untuk hampir
setiap properti Internet utama untuk membangkitkan kesadaran untuk The Lord of
the Rings. AOL dan mitra online manfaat besar bagi lainnya, sementara studio yang
dihasilkan jangkauan yang luar biasa dan frekuensi di banyak kelompok
demografis dengan menggunakan berbagai macam pengungkit online dan offline.
Integrasi secara signifikan meningkatkan jumlah tayangan iklan yang
ditayangkan.
• The 21s. New Line Cinema mengembangkan
alat pribadi dan interaktif yang membuat pelanggan tertarik pada waralaba dan
memastikan bahwa mereka akan membeli tiket. Studio ini juga digunakan film
kemitraan sedang bermain dan untuk membeli tiket secara online. Karena cara
Pengunjung cenderung kurang interaktif, mereka terikat dengan situs resmi
sangat interaktif, http://www.lordoftherings.net. Kekuatan tuas offline untuk
memajukan pelanggan melalui tahapan hubungan meningkat secara dramatis ketika
ditambah dengan cara online. Integrasi online / offline ini mendorong pelanggan
melalui tahapan dengan cara yang rencana non-terintegrasi tidak bisa.
• Virus Pemasaran. Pengguna dapat
memilih dari banyak cara-baik modern dan tradisional-untuk mempromosikan film
ke teman-teman mereka. Viral marketing telah diintegrasikan ke berbagai cara
secara online dengan cara yang tetap setia dengan merek Lord of the Rings
sambil mendorong pengguna untuk “kirim halaman ini ke teman,” kirim e-mail ke
teman, “atau mengirim teman-teman mereka dengan karakter favorit mereka.
• Pesan yang baik. New Line Cinema
menemukan pesan yang baik dan tinggal dengan merek itu: The Lord of the Rings
mewakili perjuangan gagah berani kebaikan atas kejahatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar