Riset Pemasaran
Riset pemasaran adalah studi tentang
kebutuhan pasar yang berbeda baik produk ataupun jasa, dan metode pengembangan
pasar baru. Ini adalah proses yang sistematis dan objektif yang digunakan untuk
mengumpulkan, mengatur, menyimpan, menganalisis, dan menyajikan informasi
tentang pasar tertentu untuk mengidentifikasi iklan mendefinisikan peluang
pemasaran dan masalah. Riset pemasaran menghubungkan pemasar dengan pelanggan
mereka, dan masyarakat. Riset pemasaran membantu perusahaan untuk memahami dan
memenuhi keinginan konsumen dan kebutuhan dengan memberikan informasi yang
konstruktif mengenai kualitas dan kegunaan produk dan layanan mereka. Riset
pemasaran menggunakan survei, tes, dan studi statistik untuk menganalisis tren
konsumen dan perkiraan ukuran pasar. Terlepas dari tujuan, semua penelitian
pemasaran memiliki tujuan memperoleh data yang memungkinkan perusahaan untuk
membuat keputusan yang lebih baik.
Menentukan masalah
Di sini, peluang dan masalah
dievaluasi pada tingkat mikro, dalam konteks rencana riset pemasaran. Untuk mengevaluasi
peluang bisnis yang potensial, seorang peneliti pemasaran harus hati-hati
menyelidiki sumber kesempatan atau masalah hanya kemudian dapat penentuan
tentang jenis yang tepat dari studi dilakukan.
Desain Riset. Penelitian langkah desain adalah seperti cetak biru dari
sebuah rumah, itu adalah apa yang digunakan peneliti untuk membuat semua
keputusan penting tentang studi ini. Pertama, peneliti harus menentukan jenis
studi untuk melakukan. Tergantung pada langkah identifikasi masalah, peneliti
membuat pilihan dari desain penelitian eksplorasi atau dari desain penelitian
konklusif.
Penelitian eksplorasi adalah desain yang efektif ketika tujuan dari
penelitian ini adalah untuk memperoleh kecerdasan dan ide-ide mengapa hal-hal
tertentu yang terjadi misalnya, mengapa beberapa perusahaan internet gagal
sementara yang lain berkembang. Penelitian eksplorasi menentukan desain
penelitian terbaik, pemilihan mata pelajaran dan metodologi pengumpulan data,
meskipun penggunaannya terbatas.
Penelitian konklusif digunakan untuk menjawab seberapa sering dan berapa
banyak pertanyaan. Ini mengikuti proses desain penelitian formal dan
menyediakan data yang dapat diandalkan untuk menarik kesimpulan atau membuat
keputusan. Seringkali, hal ini bersifat kuantitatif. Penelitian konklusif
memberikan gambaran yang dapat diandalkan populasi dengan menggunakan instrumen
penelitian yang valid dan menguji hipotesis dalam penelitian formal.
Ada dua cartegories utama penelitian
konklusif, deskriptif dan kausal. Dalam penelitian deskriptif,
penelitian menentukan frekuensi dengan mana sesuatu terjadi atau bagaimana
peristiwa terpisah terkait. Ini menyediakan informasi tentang populasi atau
semesta yang diteliti (unsur-unsur dalam suatu kelompok tertentu tentang siapa
data yang diperlukan) dengan menjelaskan siapa, apa, kapan, di mana, dan
bagaimana situasi. Pengamatan dan survei adalah dua jenis yang paling umum dari
penelitian deskriptif. Jika peneliti perlu tahu apa yang menyebabkan perilaku
tertentu, kejadian, atau motivasi, maka penelitian kausaladalah
tepat karena akan menciptakan hubungan antara variabel dan berfokus pada
menentukan hubungan sebab dan akibat. Penelitian kausal yang kompleks dan
dipengaruhi oleh faktor-faktor yang peneliti tidak dapat selalu mengontrol,
seperti sikap masyarakat.
Setelah menentukan jenis studi untuk
melakukan, peneliti harus memutuskan apakah akan menggunakan penelitian
sekunder, penelitian primer atau kombinasi keduanya. Informasi penelitian
sekunder yang sebelumnya dikumpulkan dan diterbitkan adalah yang termudah,
tercepat, dan paling pilihan mahal.
2 tipe dasar data penelitian :
kuantitatif dan kualitatif
Penelitian kualitatif memberikan
pemahaman tentang sikap pelanggan tentang produk atau jasa. Kelompok fokus,
baik online dan online, yang digunakan lebih dari metode kualitatif lainnya
untuk mendapatkan informasi penting tentang motivasi, persepsi, dan pikiran
dari kelompok sasaran atau kelompok. Metode kualitatif lainnya termasuk
wawancara mendalam, kelompok diskusi kecil (diad, triad, atau minigroups),
penyadapan pelanggan, fungsi penyebaran kualitas, pengujian produk, dan riset
pelanggan. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif untuk menetapkan tolok
ukur (ukuran pasar untuk memperkirakan potensi bisnis dan mengukur ukuran dan
pentingnya segmen pasar), mendapatkan tanggapan statistik yang valid dari
target audiens (populasi), dan mengukur hasil dari program.
Populasi Sampling. Karena tujuan melakukan penelitian pemasaran adalah
untuk mengembangkan pemahaman tentang pasar atau segmen, sangat penting bahwa
peneliti mengumpulkan informasi tentang kelompok tersebut. Sampel harus cukup
besar untuk dapat mencerminkan karakteristik populasi target dan harus dipilih
secara acak. Jika sampel tidak representatif dan acak, maka peneliti tidak
dapat mempertimbangkan perkiraan yang berasal dari penelitian yang mewakili
bagi populasi.
Penelitian apa yang terbaik
ditampung oleh Internet?
Mengingat pertumbuhan yang besar
dari Internet, baik dari segi pelanggan dan konten, peneliti mungkin akan
tergoda untuk menggunakan penelitian berbasis Internet untuk semua tugas
penelitian. Internet adalah sebuah alat yang memungkinkan terutama yang
mempengaruhi langkah pengumpulan data dan merevolusi tahap pelaporan.
Penggunaan internet sebagai alat pengumpulan data dan mekanisme pengiriman
penelitian telah memungkinkan bagi peneliti untuk melakukan penelitian
pemasaran yang lebih cepat.
Pertama, dan mungkin yang paling
penting adalah pertanyaan dari perwakilan sample. Pertimbangan utama dalam
menjawab pertanyaan ini adalah konsep pling sample disebut sampel bias seleksi
(diperkenalkan ketika segmen tertentu dari populasi sasaran diabaikan dalam proses
pengambilan sampel).
Kriteria kedua dalam mengevaluasi
kegunaan internet untuk project adalah kerahasiaan. Sebagai aturan, jika ada
bahan tersebut bersifat rahasia maka internet tidak dianjurkan karena peneliti
tidak memiliki kontrol yang tepat atas distribusi materi. Metode penelitian
yang lebih tepat untuk bahan rahasia adalah wawancara pribadi, di lokasi pusat.
Ketiga, dalam tahap desain studi
pemasaran, seorang peneliti harus dipertimbangkan oleh kompleksitas proses
wawancara Internet adalah lebih cocok untuk jangka pendek, sederhana,
jelas survei dan kuesioner. Jika proyek panggilan untuk ditanyai kompleks,
wawancara offline akan menghasilkan kualitas yang lebih tinggi dari data.
Selain tiga kriteria tersebut, harus
disebutkan bahwa Internet juga telah memungkinkan proyek penelitian pemasaran
internasional. Secara historis, proyek-proyek ini telah sangat kompleks untuk
mengelola dan mahal. Dengan Internet, bagaimanapun, peneliti dapat
berkomunikasi dengan para pelaku pasar di seluruh dunia.
Pengumpulan data
Setelah rencana penelitian telah
dikembangkan, peneliti mulai dari data kolektif. Seorang peneliti dapat memilih
dari sejumlah offline dan metode pengumpulan online.
Data-Collection Methods
Metode Penelitian Sekunder. Seperti disebutkan dalam bagian sebelumnya, bahan penelitian
sekunder adalah informasi yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dan telah
dibuat tersedia untuk penggunaan umum. Sumber Yang paling terkenal dari data
sekunder yang diterbitkan statistik, teks dipublikasikan, media (dokumenter),
dan dokumen pribadi.
Ada tiga tempat umum untuk melakukan
riset pemasaran Internet sekunder: Internet (biasanya dengan bantuan mesin
pencari), newsgroup, dan direktori.
Search Engine.
Search engine sangat penting untuk
semua jenis penelitian. Mereka menyediakan cepat dan menyeluruh pencarian di
seluruh dunia pada banyak topik. Jika data yang ada, mesin pencari mungkin akan
menemukannya.
Newsgroup, di sisi lain, biasanya mewakili diskusi tanpa filter
tentang topik tertentu, dan dapat berfungsi baik sebagai sekunder dan alat
penelitian utama. Untuk penelitian sekunder, newsgroup menyediakan
sumber berharga data oleh sejumlah peserta. Untuk penelitian primer,
peneliti dapat menggunakan newsgroup untuk mengumpulkan informasi tentang
isu-isu.
Direktori. Internet juga menjadi tuan rumah untuk sejumlah besar
direktori. Topik yang dibahas beragam, dan akses ke sebagian besar direktori
ini adalah gratis.
Offline Primer Pemasaran Metode
Penelitian. Sebelum munculnya Internet,
penelitian utama adalah di pusat riset pemasaran. Meskipun jauh dari yang
dihapus, metode offline secara perlahan digantikan, secara penuh atau sebagian,
dengan alternatif online. Alasan utama untuk pergeseran ini adalah waktu dan
uang. Penelitian tradisional mahal, dan perusahaan memilih untuk menggunakannya
untuk hanya keputusan bisnis paling penting.
Focus Groups. Kelompok fokus merupakan jemaah umat (sering enam
sampai sembilan) yang bertemu di lokasi yang telah ditentukan. Sesi kelompok
dipimpin oleh monitor yang mengikuti script, sesi berlangsung sekitar satu atau
dua jam, dan sering direkam atau direkam. Jenis kelompok ini sangat berguna
untuk penelitian kualitatif menyebutkan statusnya, karena dapat digunakan untuk
mengumpulkan ide-ide, umpan balik, dan evaluasi konstruktif produk, masalah,
dan ide-ide promosi di masa depan. Untuk menjamin sampel yang representatif ,
harus ada minimal dua kelompok dijadwalkan per target pasar .
Survei. Survei yang populer untuk proyek-proyek penelitian
kuantitatif untuk menjawab mengapa, bagaimana, dan siapa dari suatu masalah
tertentu. Mereka adalah yang paling berguna ketika mencoba untuk membuktikan
hipotesis, membuktikan teori, meminimalkan risiko, atau mendapatkan sampel yang
dapat diandalkan untuk memproyeksikan tren.
Wawancara melalui telepon yang lebih murah daripada wawancara
pribadi dan memiliki jangkauan geografis yang relatif baik. Namun, wawancara
melalui telepon dapat menjadi masalah, sering, orang tidak bersedia untuk
bekerja sama. Bahkan jika mereka melakukan persetujuan, waktu mereka terbatas,
sehingga survei tidak bisa terlalu lama. Cara terbaik adalah untuk tidak
menggunakan wawancara telepon untuk masalah kompleks yang memerlukan penjelasan
yang luas.
Pengamatan. Penelitian observasi adalah proses sistematis merekam
perilaku orang, benda, dan kejadian tanpa mempertanyakan atau berkomunikasi
dengan mereka. Penelitian observasional membahas masalah yang melekat dalam
kedua survei dan kelompok fokus: informasi yang bias. Ada dua kelompok dasar
observasi (penelitian elevasi : naturalistik dan menonjol).
Seorang peneliti menggunakan
pendekatan naturalistik mengamati subyek saat mereka berinteraksi dalam
lingkungan alam mereka. Misalnya, duduk di bangku terdekat dan menonton
anak-anak bermain di taman bermain adalah observasi naturalistik. Mengamati
subjek diwawancarai melalui cermin satu-arah.
Observasi. Di sini, peneliti bergabung dengan kelompok observasi,
dan setiap anggota tahu perannya. Contoh dari pengamatan menonjol adalah Divisi
Kendaraan Bermotor perwakilan duduk di samping seorang peserta tes selama
mengemudi tes di jalan.
Kuesioner Online. Kuesioner merupakan kumpulan pengguna internet (GUI). Tergantung pada tujuan peneliti dan preferensi, satu antarmuka mungkin bekerja lebih baik daripada yang lain. Tidak ada aturan yang tetap pada interface mana yang terbaik. Setelah peneliti telah mengidentifikasi jenis kuesioner online untuk digunakan, kuesioner harus diprogram menggunakan Java, HTML, atau bahasa pemrograman lain, dan kemudian diposting di sebuah situs internet yang aman.
Questionnaire Types
Tentukan Masalah
Dalam database pemasaran , empat
jenis umum dari tujuan yang ada : ( 1 ) mengidentifikasi prospek , ( 2 )
Prospek kualifikasi ( 3 ) memperoleh pelanggan melalui penjualan pelayanan yang
baik atau, dan ( 4 ) mengelola hubungan dengan pelanggan .
Merencanakan program database
marketing
Hal-hal yang perlu diperhatikan
ketika mengembangkan :
§ Identifikasi data pelanggan terkait yang secara efektif
dapat mendukung pengambilan keputusan
§ Mengembangkan prosedur untuk memperoleh dan memasukkan
data tersebut ke dalam database
§ Tentukan bagaimana data dan informasi akan diambil
§ Tentukan siapa yang akan memiliki akses ke database
Hal ini juga penting untuk
berhati-hati merencanakan bagaimana dan kapan database akan digunakan,
mengantisipasi peluang memperbarui, dan meningkatkan database .
Database perencenaan program
pemasaran
I.
Tujuan Pemasaran
II.
Analisis pasar
1.
Analisis pelanggan dan segmentasi
2.
Kompetisi
3.
Lingkungan
III.
Penawaran dan fit pasar
IV.
Penilaian kinerja dengan program serupa
V.
Strategi komunikasi
1.
Target dan Positioning
2.
Proporsi penjualan Unik
3.
Media dan daftar keputusan
4.
Strategi penyampaian pesan
VI.
Persyaratan database
1.
Pengembangan
2.
Pemanfaatan
3.
Enhancement
4.
Anggaran program
5.
Timeline
IX.
Akuntabilitas
Variabel database marketing
keputusan
Variabel keputusan utama dalam
program database pemasaran adalah tawaran kreatif , media , waktu , dan layanan
pelanggan. Tawaran ini terdiri dari pembelian produk dan positioning produk .
Tawaran kreatif mencakup pertimbangan tata letak , desain, suara, tingkat interaktivitas,
dan unsur-unsur personalisasi. Keputusan Media berkaitan dengan saluran untuk
mendistribusikan tawaran , seperti e -mail , website, seperti telepon dan surat
pos . Variabel waktu meliputi keputusan tentang kapan , dan seberapa sering,
untuk memberikan tawaran.
Adapula variabel penting lainya
yaitu customer service sebagai rujukan kepuasan pelanggan.Beberapa jenis
layanan pelanggan termasuk ketersediaan agen layanan , informasi produk ,
kesempatan untuk mencoba atau menguji produk , menawarkan jaminan , dan aspek
pemenuhan – terkait seperti pembayaran, pengiriman , dan pemantauan agar proses
.
Kumpulkan Data
Data kolektif harus memungkinkan
pemasar untuk lebih efisien melayani pelanggan melalui respon mereka sehingga
memenuhi kriteria kinerja rinci dalam rencana pemasaran , seperti pendapatan
atau keuntungan
Sumber daftar
Data Pelanggan Bisa berasal dari
sumber baik internal maupun eksternal . Data internal yang dihasilkan akibat
dari hubungan langsung dengan seseorang. Data eksternal seperti daftar respon
terdiri dari individu atau organisasi yang memiliki kepentingan produk
diidentifikasi. Data dapat dikumpulkan dari sumber-sumber publik seperti
pendaftaran pemilih, catatan sensus atau dari sumber-sumber swasta seperti
undian ,klub kesehatan, dan majalah.
Daftar processing
Daftar pengolahan adalah seperangkat
prosedur untuk menyiapkan daftar untuk distribusi. Komponen utama dari list
processing adalah nixie eliminasi , eliminasi duplikat , dan daftar penindasan.
Penawaran harus disampaikan kepada individu yang memenuhi syarat dan cenderung
memberikan respon yang akan memuaskan kriteria obyektif dari program database
pemasaran .
Pribadi
Privasi yang sangat penting untuk
diperhatikan , mengingat bahwa ( 1 ) memperoleh informasi tentang pelanggan
adalah inti dari database pemasaran, dan ( 2 ) tidak menghormati privasi
konsumen adalah trustbuster utama yang bisa secara signifikan mengurangi
kemungkinan bahwa konsumen akan merespon positif tawaran Program .
Mengatur Data
Hal ini penting untuk mengidentifikasi
data pelanggan terkait yang secara efektif dapat mendukung pengambilan
keputusan, mengembangkan prosedur untuk memperoleh dan memasukkan data tersebut
ke dalam database, menentukan bagaimana data dan informasi akan diambil , dan
menentukan siapa yang akan memiliki akses ke database . Dasar dari database
pemasaran adalah pembentukan dan memperbarui database untuk tujuan mendukung
pengambilan keputusan manajerial , terutama yang berhubungan dengan database
akuisisi pelanggan dan retensi.
Membangun database
Isi dari vektor pelanggan harus
terdiri dari informasi yang mungkin berguna dalam mendukung keputusan pemasaran
sehubungan dengan memperoleh atau mempertahankan bahwa pelanggan/ mungkin
pelanggan lain yang terkait dalam beberapa cara yang berarti. Idealnya data
akan : ( 1 ) mendeskripsikan konsumen sepanjang karakteristik (2 ) laporan
tentang riwayat transaksi mereka (3 ) menginformasikan pada rincian interaksi
pelanggan perusahaan pada titik kontak ( 4 ) mempertahankan respon konsumen
terhadap penawaran database pemasaran.
Memperbarui database
Dalam memperbarui database menarik
untuk mempertimbangkan upaya yang diperlukan dalam memperoleh data tersebut .
Winer membahas kerangka 2×2 yang melibatkan analisis sepanjang dimensi
interaksi pelanggan, ( langsung dan tidak langsung ) dan frekuensi interaksi (
sering dan jarang ). Titik utama dari kerangka ini bahwa, perusahaan yang tidak
memiliki interaksi langsung dengan pelanggan sering , ia akan harus bekerja
lebih keras dalam membangun database-nya .
Analisis Data
Fokus utama dari analisis dalam
pemasaran database memperkirakan respon konsumen terhadap penawaran dan
keuntungan yang diharapkan dari alternatif program database pemasaran.
Daftar segmentasi
Daftar segmentasi digunakan untuk
menghubungkan individu dengan berbagai jenis tanggapan mungkin, seperti yang
menguntungkan (beli ) dan tidak menguntungkan ( tidak membeli ). Tujuan utama
dari daftar segmentasi adalah untuk mengidentifikasi orang-orang kepada siapa
tawaran , ketika dibuat , akan menghasilkan keuntungan, dan untuk menghemat
sumber daya dengan tidak menghubungi orang-orang yang tidak mungkin untuk
menghasilkan transaksi yang menguntungkan atau hubungan .
Teknik segmentasi
Teknik segmentasi yang digunakan
untuk mengembangkan nilai – respon yang terkait untuk setiap orang , dan untuk
mengkategorikan individu ke dalam segmen. Teknik yang digunakan yaitu Regresi
berganda, diskriminan, regresi logistik, analisis cluster, Otomatis lnteraction
Detection ( AID ), Chi Square Automatic lnteraction Detection ( CHAID ), Neural
Network.
Pengukuran
Konsep yang berfungsi sebagai dasar
untuk berbagai pendekatan pengukuran nilai pelanggan seumur hidup ( CLV ).
Sebuah nilai seumur hidup pelanggan adalah total nilai suatu perusahaan
diharapkan net present keuntungan dari semua interaksi langsung dan pertukaran
dengan pelanggan itu.
Pengujian potensi program data base
pemasaran
Pengujian dapat berhubungan baik
dengan variabel keputusan program kunci atau tipe orang untuk menargetkan . Uji
hipotesis lazim dilakukan dalam proses ini.
Memanfaatkan Data
Manfaat utama dari database
pemasaran adalah bahwa bidang fungsional lainnya , seperti penjualan , keuangan
, dan manufaktur , bisa memanfaatkan informasi database yang sama untuk
membantu pengambilan keputusan mereka sendiri .
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Para ahli melaporkan, bahwa
menempatkan peningkatan penekanan pada retensi pelanggan secara signifikan
dapat berdampak efisiensi pemasaran dan profitabilitas. Manajemen hubungan
pelanggan adalah tentang menghasilkan loyalitas pelanggan yang akan
menjadi dan menguntungkan
Tentukan Masalah
Manajemen hubungan pelanggan yang
bersangkutan dengan tiga arahan utama . Pertama ,organisasi harus belajar
tentang pelanggan mereka pada tingkat individu , dan menghormati perbedaan-perbedaan
mereka . Kedua, organisasi perlu merumuskan strategi untuk mempertahankan
hubungan dengan potensi pelanggan yang menguntungkan . Ketiga, taktik untuk
memajukan hubungan dengan pelanggan dengan menciptakan nilai lebih bagi mereka
perlu dirancang dan dimasukkan ke dalam tindakan.
Mengumpulkan Data
Touchpoints adalah media , kendaraan
dan / atau lokasi di mana organisasi dan pelanggan berinteraksi . Touchpoints
relevan untuk internet marketing mencakup semua offline maupun online, seperti
toko, kios , website , e -mail , chatting , telepon , secara online forum,
acara offline nasional seperti Konferensi eBay Community Live dan loyalitas
atau reward program seperti Mobil Speedpass .
Firm initiated E-Mail
Ada empat kegunaan utama e -mail
untuk memulai kontak dengan pelanggan : pengumuman , penawaran khusus ,
undangan , dan newsletter. Prinsip-prinsip umum untuk pemasaran e -mail yang
efektif berkaitan dengan penerima, komponen e -mail , dan respon . Dewan Media
telah mengembangkan enam resolusi untuk bertanggung jawab e – mail :
1.
Pengirim tidak memalsukan nama
domain atau menggunakan alamat IP nonresponsive tanpa tersirat izin dari
penerima .
2.
Senders tidak harus memalsukan baris
subjek e -mail menyimpang dan menyesatkan penerima dari isi pesan .
3.
Pesan e -mail harus mencakup pilihan
untuk berhenti berlangganan dari menerima e – mail di masa depan, atau
informasi kontak yang valid dan responsif dari pengirim , daftar manajer , atau
pemilik daftar .
4.
Pemasar harus menginformasikan
penerima tujuan pemasaran untuk menggunakan alamat e -mail mereka .
5.
Alamat e -mail tidak boleh dipanen
dengan maksud untuk mengirim massal yang tidak diminta e -mail komersial tanpa
sepengetahuan konsumen atau persetujuan .
6.
Mengirim massal yang tidak diminta e
-mail komersial ke alamat e – mail tanpa usaha sebelumnya atau hubungan pribadi
yang pantas.
Customer-initiated E-Mail
Ada tiga cara utama di mana
organisasi cenderung untuk merespon e – mail: melalui otomatisasi software ,
melalui orang , atau melalui kombinasi perangkat lunak otomasi dan orang-orang
. Sistem otomatisasi E -mail membantu dengan menerima dan mengirim e – mail,
termasuk format dan mendistribusikannya . Ketika volume e-mail tinggi , jenis
sistem dapat memberikan nilai yang besar .
Peluang di komunitas online
Komunitas online adalah tempat yang
cocok bagi konsumen untuk mendapatkan informasi yang jujur dan membantu yang
disesuaikan untuk kebutuhan khusus mereka .
Mengatur Data
Organisasi data mengacu pada proses
pengelompokan catatan bahwa database adalah ulasan pelanggan untuk analisis dan
pemanfaatan . Menjadi umum bagi perusahaan untuk mengatur sekitar dimensi
perusahaan – sentris , dan maka data kondisi berdasarkan elemen
customer-centric
Analisis Data
Analisis CRM berkisar pada negara
dan nilai hubungan. Penekanan ditempatkan pada langkah-langkah seperti kepuasan
, loyalitas , pangsa pelanggan, dan nilai seumur hidup pelanggan, di samping
langkah-langkah umum kinerja pemasaran seperti pendapatan, laba , dan pangsa
pasar .
Memanfaatkan Data
Secara umum, organisasi yang
menggunakan CRM sedang berusaha untuk menggunakan filosofi pemasaran yang
dimulai dan diakhiri dengan membangun dan mempertahankan hubungan yang saling
menguntungkan dengan pelanggan. Pelaksanaan yang efektif dari CRM membutuhkan
orang-orang yang memahami proses menjadi customer-centric dan dapat secara
efektif mengelola hubungan dengan pelanggan. Namun demikian, teknologi telah
membuat kontribusi besar dalam CRM, setidaknya dengan meningkatkan kesadaran.
Sistem CRM telah dirancang oleh penyedia
(seperti Siebel, SAP, Epiphany, dan Chordiant) untuk mendukung otomatisasi
pemasaran, otomatisasi tenaga penjualan, layanan pelanggan, interaksi
pelanggan, dan kustomisasi.
CONTOH EBAY
Bagaimana eBay, menjadi salah satu
repositori terbesar dari data pelanggan , menanggapi harta karun informasi ?
eBay telah merespon dalam beberapa cara . Salah satunya adalah melalui
penciptaan lengan riset pemasaran yang disebut Wawasan Konsumen dan Analisis
Group. Dengan meneliti data pelanggan , eBay dapat menentukan siapa pelanggan
yang paling berharga adalah dan memfokuskan energi pada memenuhi kebutuhan
mereka . Untuk mencapai hal ini , eBay diukur banyak data dan melakukan
analisis rinci .
Wakil presiden pemasaran e Bay,
Michael Deering, menekankan pentingnya data . Sebagai contoh, ia telah mencoba
untuk memahami perilaku pelanggan dengan melacak bagaimana calon pembeli
menanggapi promosi di situs. Pada pertengahan tahun 200l , pemasar eBay
memperoleh kemampuan untuk melihat data mereka dalam user-friendly, dengan
informasi yang ditangkap dalam pie chart , grafik , dan tabel. Setelah data
mereka dalam format baru ini selama empat bulan pemasar eBay mampu untuk lebih
meningkatkan efisiensi halaman depan eBay .
Popularitas situs lelang online ,
eBay khususnya , telah menciptakan kebutuhan untuk alat-alat penelitian yang
dapat digunakan untuk informasi, strategi, alat ini dapat digunakan untuk
membuat keputusan lelang dan untuk mendukung kegiatan pasca lelang seperti
pemenang pemberitahuan dan pengolahan faktur .

Tidak ada komentar:
Posting Komentar